expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

tips aman mempergunakan jasa kontraktor agar aman dari penipuan

A. Mendapatkan perkiraan yang baik


1. Dapatkan setidaknya tiga tawaran. Untuk proyek apapun, adalah bijaksana untuk
mendapatkan beberapa tawaran. Ketika Anda mencari kontraktor , dapatkan setidaknya tiga tawaran untuk memastikan Anda telah melakukan upaya pencarian yang benar. Luangkan waktu untuk meneliti dan tidak hanya memilih dari lima perusahaan pertama yang muncul di pencarian internet. Memilih berbagai usaha kontraktor kecil dan besar, mengambil rekomendasi dari anggota keluarga, tetangga dan teman-teman dan pastikan untuk mendapatkan minimal tiga pilihan referensi kontraktor.
2. Bertanya pada pemasok/toko bangunan untuk mengetahui harga-harga bahan. sebagian besar kontraktor sudah memasukan komponen biaya bahan bangunan dan upah dalam akuntansi proyek/Rencana Anggaran Bangunan(RAB). beberapa kontraktor dapat hanya sekedar ikut-ikutan menetapkan harga yang sama dengan kontraktor lain  yang lebih teliti dan berpengalaman, Anda mungkin ingin bertanya sendiri kepada pemilik toko bahan bangunan/pemasok bahan bangunan untuk menentukan berapa banyak satuan kerja tanpa mark-up. Ini akan membantu Anda mengetahui jika kontraktor melakukan mark-up adalah wajar. dan anda harus Mencurigai kontraktor dengan penawaran harga yang sangat rendah. Semua orang pasti ingin diskon. Itu bisa menjadi hal yang baik, tapi ingatlah harga  bahan bangunan tidak akan jauh berbeda antara 1 penjual/suplier dengan penjual lainnya, yang berbeda adalah hasil pekerjaan secara keseluruhan antara 1 kontraktor dengan kontraktor yang lainnya.
3. Ukur/Pertimbangkan waktu yang dibutuhkan kontraktor untuk memberikan perkiraan dan konsep Rencana. Jika kontraktor memberitahu Anda bahwa ia akan memiliki estimasi  Selasa depan, tetapi tidak benar-benar memberikannya kepada Anda hingga Jumat, ini mungkin refleksi/cerminan nya jika bekerja pada pekerjaan juga. tentunya Anda ingin mencari kontraktor yang konsisten pada kata-kata dan janjinya nya, mempertimbangkan apakah akan benar atau bohongnya mereka melakukan segala yang mereka katakan dalam hal perkiraan. Melakukan pengukuran waktu pembuatan estimasi dan konsep perencanaan dari kontraktor adalah cara yang baik untuk mengevaluasi masa depan proyek Anda dan mencegah kemunduran/molornya proyek mungkin karena etos kerja yang buruk dari kontraktor.

B. Pertanyaan Sebelum menyewa kontraktor

Ada banyak hal yang harus dipikirkan apabila hendak mempekerjakan kontraktor apapun, terutama untuk sebuah proyek besar. Pastikan untuk mengikuti tips ini untuk mencari kontraktor yang paling cocok dengan pemikiran Anda sendiri:
• Apakah kontraktor Anda memiliki markas/tempat usaha sendiri yang tetap/permanen? Pemilik properti/proyek pasti ingin kontraktor mereka  beroperasi dari tempat permanen usaha dan tidak berpindah-pindah tempat usaha/kantornya. Jika kontraktor tidak memiliki tempat usaha yang permanen dan tetap, bagaimana Anda dapat yakin bahwa mereka akan menyelesaikan pekerjaan atau apabila ada permasalahan bisnis terkait sang kontraktor di waktu mendatang?
• Apakah perusahaan ini memiliki jaminan asset cadangan atau diasuransikan? , dengan cakupan yang memadai? Bila Anda mencari kontraktor Anda berpikir ingin menyewa, pastikan bahwa majikan memberikan kompensasi pekerja dan kewajiban asuransi umum dalam kasus kecelakaan di tempat kerja. atau setidaknya kontraktor memberikan jaminan tertulis kepada ada bahwa kontraktor menjamin jika ada kecelakan kerja yang dialami pekerjanya menjadi tanggung jawabnya bukan tanggung jawab anda.
• Apakah perusahaan dalam performa yang baik dalam penjualan layanan usahanya? misalkan berapa banyak klien yang telah mempercayakan proyeknya di kerjakan oleh kontraktor tersebut, ingat bukan berapa banyak dan besarnya proyek yangmenjadi ukuran, akan tetapi banyaknya klien yang menjadi ukuran baik atau tidaknya performa perusahan kontraktor tersebut. semakin banyak kliennya artinya semakin banyak pula yang mempercayai perusahaan kontraktor tersebut.dan hal itu menunjukan tingkat kepuasan klien/pelanggan terhadap layanan usaha kontraktor tersebut.


• Berapa lama perusahaan kontraktor tersebut berkecimpung dalam bisnis? Anda mungkin menjadi curiga pada kontraktor baru yang banyak mengumbar janji adalah kontraktor yang ingin cepat sukses dan kaya. sebaliknya, kontraktor mapan cenderung menjadi taruhan yang lebih aman. Mengingat lamanya waktu kontraktor berkecimpung dalam bisnis adalah indikator yang baik dari kemampuan mereka; Namun, ada banyak kontraktor yang mengklaim tahun pengalaman. Lindungi diri Anda! dengan meminta bukti usia bisnis nya.
• Apa catatan kontraktor pada penyelesaian keluhan? Pastikan untuk mendapatkan referensi, dan meninjau pekerjaan masa lalu.apakah kontraktor tersebut sering bermasalah di proyek-proyek sebelumnya ataukah lebih sering sukses di proyek-proyek sebelumnya. dan adalah sebuah bukti kapasitas/kemampuan dan prestasi yang sangat baik apabila kontraktor tersebut selalu berhasil/sukses menuntaskan proyek-proyek sebelumnya tanpa/hanya sedikit masalah dan cara kontraktor menangani permasalahan di proyek-proyek sebelumnya. jika kontraktor kurang menditail dan kurang terbuka bila di tanyakan proyek-proyek yang dia kerjakan sebelumnya itu bisa menjadi suatu warning bagi anda, kemungkinan besar kontraktor tersebut : 

#masih baru, sehingga tidak banyak proyek yang sudah di kerjakannya,sehingga tidak banyak yang bisa ia ceritakan kepada anda.
#sering bermasalah di proyek-proyek sebelumnya, apakah ia sering tidak tuntas mengerjakan proyek-proyeknya terdahulu, ataukah pernah terkait masalah serius/maslah hukum dengan klien-klien sebelumnya
#kurang fokus dalam pekerjaannya sehingga ia tdiak mempunyai record/rekaman yang baik atas proyek-proyek sebelumnya
#hanya makelar proyek,  artinya statusnya sebagai kontraktor hanya kamuflase untuk menutupi fakta bahwa sebenar ia hanya berusaha mendapatkan pekerjaan/proyek yang selanjutnya ia lempar lagi ke kontraktor sungguhan, so ia mendapatkan keuntungan tanpa bekerja keras sebagaimana layaknya seorang kontraktor sungguhan.
• Apakah perusahaan memberikan rincian informasi yang cukup untuk proyek yang sedang dilakukan? apakah kontraktor tidak terbuka mengenai proyek yang sedang di jalaninya sekarang? jika kontraktor kurang mendetail dan kurang terbuka bila di tanyakan proyek-proyek yang sedang kerjakannya itu kemungkinan besar kontraktor tersebut adalah kontraktor yang tidak transparan/terbuka dalam pekerjaannya khususnya nanti dalam hal keuangan bisa jadi sering menutupi penyelewengan keuangan.
Pastikan semuanya secara tertulis! kontrak adalah salah satu cara terbaik untuk mencegah masalah sebelum Anda mulai. kontrak melindungi Anda dan kontraktor dengan memasukkan segala sesuatu yang Anda berdua disepakati. Dapatkan semua janji tertulis, dan menguraikan apa yang akan dan tidak akan dilakukan oleh kontraktor. Ketika menerima kontrak, pastikan semua kekhawatiran anda ditunjukan kepada kontraktor untuk menghindari miskomunikasi. 
• Berikan pekerjaan pancingan misalnya perbaikan kecil rumah Anda. Apakah Anda membutuhkan baru atap, perbaikan, pemeliharaan, selokan atau skylight, penting untuk melakukan penelitian Anda.jika kontraktor tersebut berhasil melaksanakan pekerjaan kecil dengan baik dan sukses maka itu adalah indikator dari etos kerja kontraktor yang memang baik.

C. Menghindari penipuan

Cara terbaik untuk mencegah pengalaman buruk ketika Anda mencoba untuk menemukan kontraktor adalah untuk mengetahui tanda-tanda peringatan/warning. Jika Anda mengambil pendekatan proaktif untuk menyelidiki dan meneliti semua calon potensial, peluang Anda untuk pengalaman negatif akan berkurang secara signifikan. Gunakan tips berikut untuk membantu Anda melihat kontraktor bermasalah dan menyelesaikan masalah apapun jika mereka harus muncul:
• Hindari seringnya door-to-door yang mereka lakukan ke tempat  anda  dan hindari kontraktor yang hanya menerima pembayaran lunas 100% atau meminta uang muka yang terlalu besar misalkan di atas 60% dari total keseluruhan nilai proyek, hindari pula menawarkan diskon yang berlebihan untuk menarik pelanggan atau terlalu menekan Anda untuk membuat keputusan cepat.
• Pastikan bisnis kontraktor tersebut Legal/sah, eksis/nyata bukan perusahaan fiktif, memiliki Surat Ijin Usaha(SIUP), memiliki Tanda Daftar Perusahaan(TDP),  Nomor Peserta Wajib Pajak(NPWP) untuk beroperasi sebagai kontraktor, dan memeriksa untuk melihat apakah ia memiliki alamat lokal yang permanen dan tidak berpindah-pindah, apakah tempat usaha itu milik sendiri atau hanya menyewa?. hal itu membuat anda mudah untuk "menangkap" kontraktor apabila bermasalah, sebaiknya anda yang datang mengunjungi tempat usaha/kantor kontraktor tersebut, anda akan lebih mudah menganalisa lebih dalam mengenai kontraktor tersebut. Anda pasti harus menghindari kontraktor yang hanya ingin memberikan nomor telepon.
• Meminta kontraktor untuk beberapa referensi dari pelanggan masa lalu dan memeriksa mereka. Kunjungi situs kontraktor jika mungkin dan berbicara dengan pemilik rumah. Seorang kontraktor yang tidak ingin memberikan referensi apa pun harus dihindari.

D. Apa kontrak?

Orang menandatangani kontrak untuk berbagai layanan, sering tanpa membacanya. Setiap kali Anda menandatangani tanda terima kartu kredit, atau check kotak menyetujui persyaratan layanan pada sebuah situs web, Anda secara hukum mengikat nama Anda untuk kontrak.
Kontrak bisa berisi panjang berlembar-lembar, terutama ketika itu pekerjaan renovasi besar dijalankan oleh kontraktor umum, dan kontrak ditulis dalam istilah hukum yang sulit dimengerti. Dalam kebanyakan kasus, kontrak itu dibuat oleh seorang pengacara yang tugasnya adalah untuk melindungi perusahaan atau orang yang disebutkan dalam kontrak, namun kebanyakan orang yang cepat untuk menandatangani kontrak tanpa membacanya. maka pastikan kontraktor memberikan kontrak yang isinya mudah di mengerti dan pastikan anda membaca dengan teliti dan benar-benar sudah faham isi dari kontrak/surat perjanjian dengan kontraktor sebelum anda menandatanganinya agar tidak menimbulkan kekecewaan di kemudian hari.

E. Bekerjasama /kooperatif dengan kontraktor

Setelah Anda menyewa kontraktor dan menandatangani kontrak, penting untuk memahami apa yang diharapkan selama proyek. Kontraktor jujur tergantung pada kepuasan pelanggan, tapi kadang-kadang, terutama selama proyek kompleks, pemilik rumah dan kontraktor harus menemukan cara untuk bekerja sama untuk memecahkan masalah tak terduga.
Demikian tips aman mempergunakan jasa kontraktor, agar terhindar dari penipuan & kontraktor nakal

“Empros adalah Kontraktor pilihan Anda yang terbaik”