expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>
   Panduan    
 


Panduan ini di peruntukan khusus bagi anda sebagai Calon Pengguna Jasa Bangunan Empros kontraktor yang mungkin masih merasa bingung mengenai bagaimana menggunakan jasa perusahaan kami untuk melaksanakan proyek bangunan anda, dan harus memulai dari mana.

Berikut ini panduan mengenai Apa saja yang harus dipersiapkan serta Langkah apa saja yang harus dilakukan untuk menggunakan Jasa Empros kontraktor dengan mudah, cepat, aman, lancar, dan tepat sasaran sesuai ekspektasi anda.


1. Rencanakan  proyek bangunan anda
Langkah pertama ialah sangat penting untuk merencanakan proyek membangun dari nol ataupun renovasi bangunan anda tentunya berdasarkan kebutuhan akan seperti apa bangunan yang di inginkan berdasarkan hal-hal dibawah ini: 

Fungsi peruntukan Bangunan:
🠊 Rumah untuk tempat tinggal?
🠊 Perumahan/cluster untuk bisnis penjualan rumah?
🠊 Rumah petak/ kontrakan / rumah kost / ruko sewa?
🠊 Rumah Vila untuk tempat peristirahatan?
🠊 Gedung sekolah / kampus / rumah peribadatan? 
🠊 Gudang / Pabrik / Gedung olah raga?
🠊 Perluasan / Penambahan ruangan-ruangan baru?
🠊 Pembuatan bangunan lainya?

Kebutuhan ruang dan luas Bangunan:
🠊 Rencanakan ruangan-ruangan apa saja yang dibutuhkan
🠊 Rencanakan luas ruangan-ruangan yang dibutuhkan
🠊 Jumlah lantai bangunan, 1 lantai atau bertingkat?
🠊 Rencanakan tanah yang hendak dibangun / bangunan yang akan direnovasi.

Bentuk dan Spesifikasi Bangunan:
🠊 Rencanakan bentuk bangunan yang anda inginkan
🠊 Rencanakan spesifikasi dan bahan bangunan anda


2. Mempersiapkan anggaran proyek
Setelah merencanakan proyek bangunan yang hendak dibangun dari nol ataupun bangunan yang hendak direnovasi langkah berikutnya adalah mempersiapkan anggaran / dana yang dibutuhkan untuk membiayai proyek bangunan anda. 

Berikut ini cara untuk menghitung biaya yang di butuhkan untuk proyek bangun baru ataupun renovasi bangunan anda :

A. Menggunakan perhitungan biaya dengan RAB (Rencana Anggaran Biaya)
Menghitung biaya proyek dengan sistem RAB jauh lebih akurat karena perhitungan biaya di buat secara terperinci per satuan kerja. jika anda belum mengerti cara menghitung biaya bangunan dengan RAB maka bisa kami buatkan secara free apabila anda telah membooking jasa bangunan kami.namun jika anda ingin order pembuatan RAB secara independen silahkan klik link:  Jasa pembuatan RAB
mengenai RAB dapat di pelajari di link: Bangun / renovasi mengacu RAB


B. Menggunakan perhitungan biaya per meter persegi bangunan
Menghitung biaya proyek dengan sistem perhitungan per meter persegi bangunan dengan menggunakan rumus:

BP = LB x HPMB

BP       : Biaya pembangunan / proyek
HPMB  : Biaya / Harga per meter persegi bangunan
LB     : Luas Bangunan yang hendak di bangun / di renovasi


Contoh:
anda hendak mendirikan bangunan rumah baru seluas 100m2 dengan biaya bangunan Rp. 3.000.000 per meter persegi bangunannya, maka biaya yang harus di persiapkan adalah: 

100 x 3.000.000 = 300.000.000,-

Sebagai acuan untuk mengetahui biaya per meter bangunan dapat di lihat di link: Harga Per meter persegi bangunan

jangan lupa mempersiapkan Spare / anggaran cadangan / spare 10-30% sebagai biaya antisipasi biaya tambahan / biaya tak terduga.


3. Mengumpulkan informasi penting tentang Empros
Semakin banyak informasi valid mengenai Empros yang anda dapatkan maka akan semakin meningkatan wawasan dan pemahaman mengenai perusahaan dan layanan kami yang mempermudah proses negosiasi dan kerjasama dengan kami dalam mewujudkan proyek anda.

Minimal informasi penting yang perlu anda ketahui yang bisa anda dapatkan di official website ini : https://www.empros.co.id

1. Lokasi alamat kantor / tempat usaha kami dan status kepemilikan perusahan kami atas tempat usaha kami. 

2. contact person kami yang Valid: 
    - Nomor kontak usaha: no.WA 081389113085
      tlp kantor: 02518639018 Hp: 081389113085
    - Penanggung jawab usaha: Egi Masna
    - Email perusahan: admin@empros.co.id

3. Informasi mengenai proyek-proyek yang telah dikerjakan Empros sebelumnya

4. Pricing(daftar harga), dan minimum order


6. sistem pengikatan jasa bangunan empros (dengan sistem booking dan  Kontrak hitam diatas putih) 

Dengan mengetahui info penting yang valid mengenai Empros maka anda dapat terhindar dari melakukan kontak dan kesepakatan yang salah alamat (dengan pihak-pihak yang tak bertanggung jawab yang  mengatas namakan Empros kontraktor yang menyalah gunakan untuk kepentingannya pribadi) 


4. Membuat kontak dan Negosiasi dengan kami
Setelah mengetahui informasi-informasi penting mengenai Empros kontraktor maka langkah berikutnya yang dilalui adalah langkah proses membuat kontak dengan kami diupayakan langkah-langkah sebagai berikut:
  1. Menghubungi kami via tlp/Hp/WA dan membuat janji kunjungan ke kantor kami untuk melakukan konsultasi ataupun negosiasi awal
  2. Setelah melakukan pertemuan di kantor kami, tahap berikutnya, anda bersama tim kami melakukan pertemuan sekaligus survey dan pengukuran lokasi proyek anda yang akan di kerjakan sebagai bahan bagi kami untuk pembuatan gambar kerja dan perhitungan biaya ataupun RAB
  3. Lakukan pengikatan awal jasa bangunan kami dengan membayar booking fee (tanda jadi) penggunaan jasa bangunan kami
  4. Kami akan membuatkan gambar, dan mengajukan harga ataupun RAB proyek kepada anda berdasarkan spesifikasi, luas / volume pekerjaan yang akan di kerjakan
  5. Anda dapat melakukan negosiasi harga yang wajar dan masuk akal tidak terlalu signifikan atas harga / RAB yang kami tawarkan, atau anda dapat memilih spesifikasi bangunan alternatif yang sesuai dengan budget proyek yang anda siapkan


5. Melakukan kontrak proyek anda dengan kami
Apabila tahapan melakukan kontak dan negosiasi dengan kami telah terlaksana dan di capai kesepakatan maka tahapan berikutnya adalah:
  1. Kami akan membuat draft (rancangan) dokumen kontrak beserta lampiran gambar dan dukumen penawaran harga ataupun RAB untuk di sampaikan kepada anda untuk di pelajari sebelum penandatanganan kontrak.
  2. Setelah kedua belah pihak (anda dan penanggung jawab Empros) sepakat maka kontrak dibuat dan ditandatangani oleh kedua belah pihak pada waktu dan tempat yang disepakati kedua belah pihak


6. Tahap persiapan pelaksanaan proyek 
Setelah kontrak ditandatangani oleh kedua belah pihak maka langkah-langkah yang dilaksanakan berikutnya:
  1. Kami akan membuat persiapan meliputi: membuat gambar kerja(DED), rencana kerja proyek, mempersiapkan tenaga kerja dan peralatan proyek dengan waktu antara 4 - 7 Hari tergantung cangkupan proyek yang akan dilaksanakan.
  2. Anda melakukan pengurusan ijin pembangunan/IMB (jika belum mengurusnya), dan meminta ijin  lingkungan seperti ijin RT, RW, Ijin tetangga yang berbatasan langsung dengan lokasi /site proyek anda yang hendak kami bangun/renovasi
  3. Jika Anda terlalu sibuk untuk mengurus IMB sendiri maka kami dapat membantu proses pengurusan IMB melalui kolega kami yang terpercaya
  4. Anda melakukan pembayaran DP / pembayaran pertama proyek melalu transfer ke no. rekening kami dan melakukan konfirmasi pembayaran dan memberikan bukti pembayaran kepada kami via email maupun whatsapp. kwitansi akan segera dibuat dan disampaikan kepada anda setelah dana yang anda transfer telah masuk rekening kami.


7. Tahap pelaksanaan proyek 
Setelah melaksanakan tahap persiapan proyek maka langkah-langkah yang dilaksanakan berikutnya:
  1. Kami akan melakukan mobilisasi tenaga kerja proyek dan peralatan proyek ke lokasi/site sesuai waktu / hari dimulai nya proyek yang telah ditentukan didalam dokumen kontrak dan melaporkan kepada anda bahwa kegiatan proyek anda telah kami mulai.
  2. Anda dapat melakukan hubungan komunikasi dengan penanggung jawab kami, meminta/ menerima laporan kegiatan proyek baik secara tekstual, maupun secara audio visual melalui perangkat dan aplikasi yang memungkinkan untuk itu.
  3. Kami melaksanakan proyek sesuai dengan kontrak, gambar kerja, dan RAB / spesifikasi borongan bangunan anda dan memberikan laporan kegiatan dan progress proyek kepada anda secara berkala maupun secara realtime(jika anda memintanya) 
  4. Jika anda menginginkannya, anda dapat melakukan monitoring proyek anda setiap hari kerja proyek, dengan memberitahukan sebelumnya rencana kedatangan anda kepada penanggung jawab kami untuk mendapatkan pendampingan dan informasi kegiatan yang sedang dilaksanakan saat anda melakukan monitoring langsung di proyek.
  5. Anda dapat memberikan detail-detail yang anda inginkan mengenai bangunan anda
  6. Anda dapat meminta penambahan pekerjaan proyek  ataupun perubahan spesifikasi material bangunan kepada penangungjawab proyek dan akan dibuatkan addendum proyek secara tertulis.
  7. Anda dapat memberikan review hasil-hasil pekerjaan proyek yang telah dilaksanakan untuk ditindak lanjuti oleh tim proyek kami
  8. Setiap 1 bulan sekali kami akan memberikan laporan opname proyek yang ditindak lanjuti oleh anda dengan membayar termin bulanan proyek ke rekening kami.


8. Tahap serah terima hasil proyek 
Setelah Proyek selesai kami laksanakan sesuai kontrak, maka langkah berikutnya:
  1. Anda, penanggung jawab proyek, dan tim ukur melakukan opname total dan pemeriksaan hasil proyek yang telah kami laksanakan.
  2. Jika hasil proyek telah sesuai kontrak dan disepakati oleh kedua belah pihak (anda dan penanggungjawab proyek) maka dilakukan penandatangan surat berita acara serah terima hasil pekerjaan proyek oleh kedua belah pihak
  3. Kami menyerahkan kunci rumah/ bangunan beserta piagam garansi pemeliharaan bangunan kepada anda
  4. Proyek dinyatakan selesai.


9. Tahap masa garansi pemeliharaan  hasil proyek 
Setelah Proyek diserah terimakan oleh kami kepada anda dan dinyatakan telah selesai maka Proyek memasuki masa garansi pemeliharan sesuai masa garansi yang tertera pada kontrak proyek. kewajiban kami antara lain:
  1. Melaksanakan pekerjaan perbaikan hasil proyek yang mengalami kerusakan yang bukan disebabkan force majure ataupun oleh kelalaian pemilik bangunan.
  2. Pekerjaan perbaikan yang dapat di kalim secara free(gratis) dalam masa garansi adalah meliputi pekerjaan: struktur, dinding, atap, plafon, elektrikal, plumbing, sanitair, lantai, kusen, pintu, dan jendela.


Kontak kami Apakah panduan ini berguna untuk anda? jika masih ada informasi yang kurang jelas maka sebaiknya anda menghubungi kami untuk membuat janji pertemuan dan konsultasi di kantor kami.