expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

7 Langkah sebelum menjual rumah dengan cepat dan menguntungkan

Menjual rumah adalah suatu hal yang membutuhkan persiapan yang matang, butuh kerja keras serta kerja cerdas, dan juga Modal, bukan hanya sekedar anda memasang banner iklan rumah di jual di depan pagar rumah anda atau memasang iklan jual rumah di media sosial di internet, media masa atau dengan bekerja sama dengan broker atau agen properti, namun perlu "sense to selling" ini bisanya sudah dimiliki oleh seorang pengembang/developer properti bagaimana cara mengemas properti "biasa saja" menjadi tampak "tidak biasa saja" dan mampu memiliki daya magnit yang mampu memikat calon pembeli.

Jika anda hendak menjual rumah, dan ingin agar rumah anda cepat terjual maka lakukanlah langkah-langkah berikut ini

1. Perbaikan dan peremajaan: 
adalah hal yang paling utama harus di lakukan. Jika anda menjual kendaraan bekas pun calon pembeli pertama kali akan mengecek kondisi laik jalan atau tidaknya kendaraan yang hendak di belinya, apakah banyak cacat atau masih cukup mulus?. Demikian pula calon pembeli rumah ingin memastikan rumah yang anda jual laik/layak huni, dan tidak terlihat kerusakan-kerusakan pada rumah.
Maka jangan tunda lagi, segera cek semua kerusakan di rumah anda, lakukan perbaikan atau penggantian pada kerusakan-kerusakan pada bagian-bagian rumah, ganti /perbaiki atap dan talang yang bocor, plafon yang berlubang, perbaiki/ganti bagian-bagian rangka atap dari kayu yang lapuk, ganti kaca jendela yang pecah, perbaiki hendel dan kunci pintu maupun jendela yg rusak, ganti tegel/ lantai keramik yang retak ataupun pecah, perbaiki retak-retak pada dinding rumah, ganti saklar, stop kontak, lampu, keran, yang sudah tidak berfungsi.
Cek dan perbaiki jika ada intalasi plumbing yang rusak atau bocor, cek lagi yang lainnya. karena calon pembeli pasti melihat hal-hal tersebut sebagai hal-hal yang merupakan nilai kurang atau biasa saya istilahkan dengan "poin minus" jadi jangan dianggap remeh kerusakan yang kecil walau pun buat anda tidak masalah tapi bagi calon pembeli itu adalah merupakan masalah/ PR nya mereka tidak ingin mengeluarkan biaya untuk perbaikan lagi, mereka ingin membeli rumah yang siap untuk di tempati.

2. Hilangkan/tangani semua kekurangan
bila yang hendak anda jual adalah rumah yang relatif masih baru(jaman sekarang) mungkin tidak banyak kekurangannya, namun jika rumah yang hendak anda jual adalah rumah tua, atau rumah"jadul" maka akan banyak kekurangannya jika hendak menyesuaikan dengan kondisi dan permintaan pasar jaman sekarang. 
perhatikan di rumah yang hendak anda jual apakah lantai rumah anda belum di lapisi dengan keramik atau granit?, kamar mandinya bagaimana, sudah di lapis keramik dinding dan lantainya?, dapurnya bagaimana? apakah masih model dapur jadul atau sudah dapur modern? plafon rumah bagaimana? masih pakai eternit jadul atau sudah pakai plafon zaman sekarang? daya listriknya perlu di tambah atau tidak? sumber airnya bagaimana?, jika bersumber dari sumur airnya bagaimana? jika cepat habis mungkin sumur perlu di perdalam lagi, dan bila perlu pasangkan penampung air seperti toren, agar ada cadangan air jika air di sumur mulai habis.
perhatikan juga apakah dinding rumah ada yang retak atau mungkin lembab? sebaiknya segera ditangani karena itu benar-benar bisa menjatuhkan harga rumah anda.tak mengapa mengeluarkan sedikit modal, karena niscaya modal yang anda keluarkan akan tertutupi oleh keuntungan dari hasil penjualan.

3. Lengkapi Rumah sesuai jaman
bila yang hendak anda jual adalah rumah yang relatif masih baru mungkin tidak banyak kekurangannya, namun jika yang hendak anda jual adalah rumah tua maka pasti akan banyak kekurangannya, maka sebelum anda menjualnya, usahakan menghilangkan kekurangan-kekurangan itu selama masih memungkinkan. cek lah apakah rumah anda memiliki pagar? memiliki carport? dan taman?.jika belum , maka jika rumah anda terletak di pinggir jalan, sebaiknya anda berinisiatif untuk membuatkan pagar, teralis, carport, dan taman yang apik karena itu adalah termasuk menambah estetika dan nilai jual rumah anda, mengapa tidak anda pasang jaringan wify internet kerumah yang anda jual, bukankan sekarang era internet? saat ini kebutuhan orang akan akses internet jauh lebih besar, nyaris sebanding dengan kebutuhan menontonTelevisi. jika mungkin, di lengkapi saja, sebab akan menambah nilai plus rumah anda, dari kompetitor anda yang menjual juga rumah selevel rumah anda.

4. Make over rumah
coba bandingkan jika ada dua gadis dengan paras sama-sama biasa saja dan penampilan busana yang sama-sama biasa pula. maka jika seorang penata rias lakukan make over, merias kecantikan wajah, rambut, kulit, dan kuku, dan memakaikan pakaian yang indah sedangkan seorang gadis yang lainnya tidak di make over. lalu bandingkan keduanya, tentu gadis yang telah di make over akan tampak jauh lebih cantik, lebih berkelas, lebih menrik, lebih menjual, dan lebih "mahal", maka itu bisa diterapkan kepada rumah anda sebelum anda menjualnya, sekali lagi mengenai masalah modal pasti akan kembali plus keuntungannya yang lumayan. 

5. Lakukan refinishing ulang pada rumah anda 
mulai dari atap, jika anggaran memadai anda bisa mengganti atap genteng yang sudah tua, atau jika dana kurang memungkinkan, genteng lama bisa di cat ulang dengan cat genteng, kusen, pintu dan jendela di cat ulang, jika kusen dan jendela dari almunium di bersihkan memakai pembersih khusus agar kinclong kembali seperti baru. jika lantai anda belum keramik maka pasang lantai keramik, bila mungkin pasang granit, dan pintar-pintarlah memilih motif keramik yang "menjual", jangan ikuti selera anda sendiri, dinding, dan plafon di cat kembali namun jangan gunakann cat murah tapi gunakan cat kualitas menengah atau dengan cat premium agar cat tidak cepat pudar warnanya dan hasil pelapisan catnya merata dan sempurna. ingat, gunakan cat khusus interior untuk bagian interior dan cat khusus eksterior untuk eksterior  rumah. jika mungkin.dengan pemilihan warna yang juga "menjual" bukan hanya mengikuti selera anda sendiri. lihatlah contoh rumah-rumah diperumahan mewah sebagai reperensi contoh penggunaan warna, karena itulah yang "menjual" bukan berarti selera anda buruk, namun disini anda memfinishing rumah untuk di jual bukan untuk kita tinggali lagi, maka harus menyesuaikan dengan selera pasar saat ini. agar rumah cepat terjual.

6. Lakukan pembersihan secara masif dan konsisten: 
kebersihan dan kerapihan adalah salah satu faktor yang turut mempengaruhi penilaian dan mood calon pembeli. maka lakukan pembersihan dan perapihan rumah, mulai dari depan pagar, bersihkan tumbuhan gulma seperti rumput, lumut dan tumbuhan liar di depan pagar, biasanya tumbuh subur di dinding dan dasar parit/got depan pagar, bersihkan pula pagar, pangkas pula rumput dan tanaman liar yang tumbuh di halaman depan,maupun di halaman belakang, tanamlah tanaman hias yang indah, dan indah itu tidak selalu mahal.
Bersihkan carport, teras, lap bersih kaca-kaca jendela hingga kinclong, kusen, jendela dan pintu, Lantai keramik/granit sering dipel menggunakan cairan untuk pel porselen, bersihkan furniture dari kayu dari debu, poles dengan menggunakan cairan pembersih furniture, atau minimal poles menggunakan minyak goreng yang bening(yang sudah di saring) agar furniture kayu anda kembali mengkilap seperti baru, pelapis sofa berbahan busa cuci bersih terutama dari noda, cuci gordeyn jendela, bersihkan pula rel/pipa gordin agar dari kusam/karat, singkir kan dan packing ke gudang barang-barang yang sudah tidak terpakai lagi.

7. Tempatkan segala barang secara benar pada tempatnya: 
tatadan rapihkan kembali interior rumah anda dengan rapih, furniture, meubel, sofa , kamar tidur, lemari, hingga benar-benar rapih dan bersih-kinclong(ingat, kinclong itu sangat "menjual"), khayalkan saja seakan-akan rumah anda akan di kunjungi presiden dan akan menginap di rumah anda, pastilah pembersihan, perapihan dan penataan rumah akan maksimal anda lakukan.dan jagalah kebersihan dan kerapihan rumah hingga rumah anda terjual, jangan malas, itu bagian dari usaha anda juga.
setidaknya kebersihan dan kerapihan rumah anda sebersih dan serapih penginapan/hotel/losmen bukankah hotel itu sangat terjaga kebersihan dan kerapihannya? karena kebersihan dan kerapihan adalah hal yang "menjual dengan menguntungkan".

nah rumah anda sudah siap untuk di jual lalu apa yang anda harus lakukan berikutnya?.(Egi masna)  
baca: cara menetapkan harga jual rumah

Baca juga:






JIKA ANDA MEMBUTUHKAN PRODUK ATAUPUN LAYANAN USAHA KAMI, SILAHKAN HUBUNGI/WHATSAPP KAMI DI NO. 0 8 1 3 8 9 1 1 3 0 8 5 , KUNJUNGI KAMI, DAN BUATLAH DEAL

      

  

"...Kepercayaan dan kepuasan Anda adalah prioritas utama kami..."
HP:081389113085(calls,SMS,whatsapp),Tlp:(0251)8639018
EMAIL:emprospost@gmail.com, admin@empros.co.id,empros.co.id@gmail.com


  • Klien

    KLIEN & ADVISOR

  • Klien

    KLIEN

  • Klien

    KLIEN

  • Klien

    KLIEN

  • Klien

    KLIEN

CV. Emasna Propertindo Sentosa (CV.EMPROS): Jl. Mekar Jaya No.14-15, Dampit Atas, Rt.01 Rw.07 Mekarjaya, Ciomas, Bogor, JawaBarat 16610
Call/ sms/ Whatsapp number : 0813 8911 3085     Office phone : 0251 863 9018     Email: admin@empros.co.id     Gmail: emprospost@gmail.com

 KLIK UNTUK FULL SCREEN
🙏ATTENTION🙏: Dikarenakan ada perubahan nama Jalan maka alamat nama jalan CV.EMPROS berubah dari semula 👉JL.Ciomas Harapan No.14 menjadi 👉Jl. Mekar Jaya No.14-15 Adapun Titik lokasi di Google Map sudah akurat dan tidak ada Perubahan, jika perlu panduan ke lokasi hubungi/whatsapp kami di no0 8 1 3  8 9 1 1  3 0 8 5 🙏Terimakasih atas perhatiannya🙏, salam sukses selalu..👍.