expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>
                                                                               

struktur dan kontruksi rumah menengah

Sudah merupakan satu hal yang pasti bahwa berdirinya sebuah bangunan rumah selalu di awali dengan pembangunan struktur dan kontruksi. Keberadaan struktur dan kontruksi pada rumah menegah menjadi vital karena keduanya merupakan penopang rumah sehingga bisa berdiri dengan kokoh di atas tanah.

Dalam posting kali ini kita ulas sedikit mengenai pengertian tentang struktur dan kontruksi serta beberapa pemikiran awal yang mendasari desain sruktur dan kontruksi.

A.PENGERTIAN STRUKTUR DAN KONTRUKSI
Struktur adalah tiang bangunan yang menjadi kekuatan utama dari bangunan. Sebuah bangunan tersusun dari elemen struktur dan elemen non struktur. Elemen struktur menopang elemen nonstruktur sehingga bangunan menjadi kokoh dan angka penurunan bangunan pun menjadi lebih kecil dari angka settlement yang disarankan. 

Untuk rumah menengah (rumah dua lantai dengan luas bangunan antara 120-225 m2), elemen-elemen strukturnya terdiri atas : atap, balok ring (ringbalk), kolom-kolom lantai dua, kolom-kolom lantai satu, sloof, dan pondasi. Adapun elemen-elemen nonstrukturnya mencangkup elemen-elemen perwajahan, interior arsitektur, dan detail-detail arsitektur. Seluruh elemen struktur dan elemen non struktur berpadu membentuk bangunan rumah yang estetis. Seluruh elemen-elemen ini di definisikan sebagai kontruksi.

Pelat lantai adalah salah satu elemen kontruksi bangunan yang berasal dari elemen struktur. Sementara pintu merupakan salah satu contoh elemen kontruksi bangunan yang berasal dari elemen non struktur.

B. DESAIN STRUKTUR DAN KONTRUKSI RUMAH MENENGAH
Desain struktur dan kontruksi rumah menengah memiliki luas bangunan 120-225m2 yang terdiri atas dua lapis(lantai). Sebenarnya masih banyak rumah menengah yang tidak bertingkat , khususnya di daerah-daerah pelosok. Namun seiring dengan makin sempitnya lahan dan makin mahalnya harga tanah( terutama di perkotaan) maka akan sangat sayang apabila rumah tidak di buat bertingkat. Oleh karena itu, rumah menengah terutama di perkotaan dan ibu kota provinsi sebagian besar rumah di buat dua lapis yang terlihat lebih megah, anggun dan berkelas.

C. AWAL PEMIKIRAN DESAIN STRUKTUR DAN KONTRUKSI
Struktur dan kontruksi sebuah rumah menengah yang memiliki dua lapis lantai atau lebih, harus dipikirkan sejak awal tahap perencanaan desainnya. Ada Tiga hal pokok yang perlu di perhatikan, yaitu pemikiran struktur balok lantai dua, pemikiran struktur kolom lantai satu, dan pondasi pelat lantai dua.
baca berikutnya👉ELEMEN STRUKTUR DAN BEBAN.
▚ Portofolio 



▚ Testimony 
  • Klien

    KLIEN & ADVISOR

  • Klien

    KLIEN

  • Klien

    KLIEN

  • Klien

    KLIEN

  • Klien

    KLIEN

▚ Contact Us 
If you see this website through an Android gadget or smart phone, you can click on our contact method button below to automatically contact us to get our fast Respond: