Apabila tahap persiapan proyek sudah selesai dilakukan maka kami segera masuk ke tahap pelaksanaan proyek yang terdiri atas kegiatan-kegiatan:
1. persiapan di lapangan :
Langkah Pertama setiba di lokasi proyek anda yang akan kami lakukan adalah :
- mengatur penempatan-penempatan untuk mess pekerja jika kondisi mengharuskan pekerja menginap/ tinggal di proyek,maka perlu di persiapkan bedeng untuk para pekerja dan direksi ket(ruang utk supervisi), tempat peralatan dan perlengkapan kerja,penempatan bahan bangunan material awal(Gudang), jika kondisi luas lokasi tidak memungkinkan untuk membuat bedeng, direksi ket, dan gudang, maka harus dicari lokasi lain di sekitar yang tidak jauh dari lokasi proyek
- mengamankan barang-barang, peralatan daan perlengkapan milik anda yang ada di lokasi proyek agar berada di areal atau tempat penampungan yang aman sehingga tidak terganggu oleh proses pekerjaan kami.
- setelah itu kami akan melakukan observasi dan breifing (pengarahan) langsung kepada tim kerja di lokasi mengenai pekerjaan-pekerjaan yang harus dilakukan dan hal-hal penting lain yang harus diingat oleh seluruh Tim kerja kami.
2. Action:
Langkah kedua mulai pelaksanaan pekerjaan secara teratur dan terncana sesuai dengan rencana/ agenda kerja yang telah kami buat sebelumnya Yang mengacu kepada kontrak kerja yang telah di sepakati berikut lampiran-lampiran RAB, serta gambar-gambar kerjanya. Monitoring pekerja dan supervisi lapangan di lakukan project manager atau arsitek kami secara langsung maupun melalui pengawas/mandor proyek kami.adapun anda selaku owner atau pemilik bangunan yang kami kerjakan dapat pula melakukan monitoring terhadap pelaksanaan pekerjaan kami, dan dapat memberikan masukan serta request-request anda secara langsung kepada project manager atau arsitek kami maupun melalui pengawas/mandor proyek kami, dan akan kami kerjakan selama masih sesuai dengan kontrak kerja yang telah disepakati.namun bila
request-request anda tersebut sudah berada di luar kesepakatan (kontrak kerja) maka anda sebaiknya membuat permintaan tertulis kepada pimpinan manajemen kami untuk di buatkan Surat order Kerja tambahan/perubahan yang ditandatangani kedua belah pihak.
3. Progress Review:
Sebagai klien tentunya anda merasa perlu mengetahui sejauh mana progress pekerjaan yang sedang dilaksanakan, Apabila anda berada tidak terlalu jauh dari lokasi proyek anda, tentunya tidak terlalu masalah bagi anda untuk sesekali memonitor pelaksanaan pekerjaan di proyek anda, namun jika anda berada jauh diluar kota dan tidak memiliki waktu yang cukup untuk monitoring proyek anda yang sedang kami kerjakan maka, bila di perlukan, kami akan memberikan review, dan laporan-laporan mengenai progress yang sudah maupun yang sedang kami kerjakan melalui sms, email dan menyertakaan lampiran-lampiran berupa photo, ataupun rekaman video(bila diperlukan).dan anda dapat menyampaikan request-request anda melalui telepon, sms maupun dengan mengirimkan email kepada kami untuk kami tindak lanjuti. Termasuk pula mengenai pekerjaan perubahan dan tambah-kurang yang anda telah ajukan kepada kami secara tertulis.(Egi Masna)