expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

pengaruh positif sebuah rumah bagi penghuni rumah


Hasil proyek renovasi total rumah 2 Lantai milik Bpk Simon Robertus Y.A & Ibu Erni di jalan Drupada V Perumahan Indraprasta, Bogor, Tahun 2019
Rumah disamping sebagai tempat tinggal, tidak dapat disangkal dapat memberikan pengaruh yang cukup besar bagi kondisi fisik dan mental/kejiwaan para penghuninya.Dalam hal ini yang kita bahas adalah penghuni yang terdiri atas lembaga terkecil yakni keluarga manusia. Adapun pengaruh bagi penghuni rumah terdiri atas:


Pengaruh dari objek Rumah yakni: 
✓ bangunan fisik rumah
✓ interior rumah dan
✓ lingkungan eksternal

Pengaruh dari Subjek Rumah yakni Hubungan antar anggota keluarga sesama penghuni rumah 

1. PENGARUH DARI OBJEK RUMAH
Pengaruh objek rumah sangat besar bagi kondisi kesehatan fisik dan para penghuninya. rumah yang aman(kokoh), sehat dan nyaman dapat memberikan pengaruh positif bagi para penghuninya, misalnya dapat memberikan perasaan aman, nyaman dan senang hati. Dan pengaruh positif tersebut akan tercermin dalam mental, sikap perilaku para penghuninnya seperti mental dan sikap yang Tenang, tentram, rajin, percaya diri, dan produktif. Adapun beberapa ciri rumah yang sehat dan aman adalah sebagai berikut: 

✔ Kontruksi rumah yang memenuhi syarat aman kontruksional bangunan, mulai dari struktur pondasi, struktur bangunan, dan struktur atap yang kokoh dan aman 

✔ Pencahayaan rumah yang cukup mendapat cahaya alami dari sinar matahari 

✔ system ventilasi dan sirkulasi udara yang cukup baik 

✔ Fasad tampilan fisik rumah yang indah, elegan dan menarik 

✔ system sanitair dan plumbing rumah , serta system drainase lingkungan yang baik 

✔ Tata ruang di dalam rumah yang tertata apik sesuai luas dan fungsi ruangan 

✔ Kebersihan rumah yang selalu terpelihara dengan baik

Jika kita merasakan ada bagian-bagian dari rumah kita yang perlu ditata ulang atau di renovasi, baik bangunan fisik : struktur, tata ruang, sistem pencahayaan alami, sistem ventilasi dan sirkulasi udara, tata ruangan, interior, system sanitair, plumbing dan drainase rumah kita, maka kita perlu mencari tahu bagaimanakah cara menata bangunan fisik rumah dan disesuaikan dengan kondisi rumah kita.

kita dapat mencari ahli bangunan rumah yang kompatibel untuk mendapatkan Advice dan bantuan teknis mengenai bangunan fisik rumah anda, Diharapkan nantinya dengan mendapatkan bantuan dan penanganan oleh praktisi bangunan yang ahli di bidangnya maka hasil dari penataan ulang/renovasi bangunan fisik rumah anda akan lebih optimal, tidak asal-asalan yang nantinya malah perlu di tata kembali dan anda harus mengeluarkan biaya lagi karena kurangnya perencanaan yang baik.Jika anda memerlukan konsultan bangunan atau jasa bangunan yang handal dan terpercaya untuk menata ulang bangunan fisik rumah anda atau apabila anda berencana membangun rumah baru anda dapat pelajari disini

Adapun faktor kebersihan rumah adalah utamanya di tentukan oleh watak kebiasaan (habit) dari para penghuni. Apabila sesorang terbiasa dengan kebersihan, menyukai hal-hal yang bersih maka otomatis dia akan senang dan selalu menjaga kebersihan rumahnya, namun apabila seseorang tidak terbiasa dengan kebersihan, maka biasanya dia juga agak malas bersih-bersih dan merapihkan rumahnya.

walaupun hal kebiasaan dalam menyukai kebersihan ini dapat dilatih, tapi perlu waktu dan perlu ditumbuhkan kesadaran dalam diri orang tersebut agar kebersihan diri, tempat tinggal, tempat kerja, dan lingkungan adalah merupakan suatu kebutuhan yang harus di upayakan, mulai dari hal-hal yang kecil seperti membuang sampah pada tempatnya, merapihkan tempat bekas tidur, menata, merapihkan dan membersihkan rumah dan halaman, dan akan meningkat kepada kesadaran akan pentingnya kebersihan lingkungan sekitar rumah, lingkungan dan fasilitas-fasilitas umum, lingkungan sekolah, lingkungan kerja dan sebagainya.

2. PENGARUH DARI SUBJEK RUMAH
subjek rumah atau para penghuninya rumah juga memegang faktor peranan yang cukup penting di dalam memberikan pengaruh positif bagi sesama penghuni lainnya. Hubungan interaksi antar para penghuni rumah yang Harmonis, sikap dan komunikasi yang baik antar sesama penghuni rumah, dapat menciptakan sikap dan mental postif bagi seluruh anggota penghuni rumah seperti misalnya: rasa atau sikap yang Romantis??, sikap yang terbuka, komunikatif, familiar, sikap mental yang optimis, cinta damai, dan sikap mental yang dinamis dan produktif karena di rumahnya , dia mendapatkan kenyamanan dan ketentraman bathin karena hubungan antar anggota penghuni rumah/keluarga yang terjalin baik dan harmonis.

2 Hal pengaruh dari Objek dan dari subjek rumah diatas adalah merupakan dua hal yang berkaitan satu sama lain, didalam memberikan pengaruh positif sebuah rumah bagi para penghuninya.yang tentunya akan berpengaruh juga terhadap sikap mental dan produktivitas para penghuni rumah. Demikian, semoga artikel pendek ini dapat bermanfaat. Salam..(Egi Masna - recycle article fr june 2015)