expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

penyebab, cara mengantisipasi, dan menangani kebocoran atap rumah

contoh akibat dari kebocoran atap 

Pernahkah anda mengalami rumah anda bocor saat hujan turun khususnya saat musim hujan datang? di samping merusak pemandangan sudah tentu tidak nyaman bukan? paling banter memanggil tukang untuk menangani kebocoron tersebut. dan terkadang karena penanganannya kurang tuntas, kebocoran atap rumah masih terjadi dan kejengkelan pun masih berlanjut..


Indonesia sebagai negara beriklim tropis yang hanya mengenal 2 musim yakni musim hujan dan musim kemarau, dimana ketika musim hujan, hujan sering turun kadang dengan intensitas yang tinggi bisa menjadi faktor kebocoran pada atap rumah-rumah di Indonesia. sedangkan pada musim kemarau cuaca sangat terik dan bisa menyebabkan material bangunan khususnya atap mengalami kerusakan karena suhu yang panas.


pada artikel terdahulu sudah pernah mengulas cara penanganan kebocoran pada dinding rumah, kali ini kita akan mengulas penyebab, cara mengantisipasi, dan menangani kebocoran atap rumah.


Penyebab kebocoran Atap dan cara antisipasi serta penanganannya

Mengapa terjadi kebocoran atap? berikut ini beberapa penyebab umum yang mengakibatkan atap rumah bocor :


1. kerenggangan pada sambungan atap

Pada Atap genteng seringkali terjadi kerenggangan pada sambungan antar genteng yang menyebabkan celah air hujan masuk kedalam atap.


Antisipasi kebocoran pada atap genteng:

Gunakan fiber penahan air bocoran secara full, seluas atap, di pasang diatas kuda-kuda atap sebelum pemasangan reng rangka atap genteng maka ketika ada kerenggangan genteng air masuk tidak langsung kedalam para-para rumahdan merusak plafon akan tetapi akan turun ke arah listplank atap. metode ini telah kami pada rumah-rumah klien kami dan alhamdulillah sangat efektif menangkal kebocoran pada atap genteng.


memakai atau tidak fiber penahan bocoran sebaiknya tetap melakukan pengecekan secara berkala atap genteng, perbaiki posisi atap genteng yang renggang agar kembali rapat sehingga tiada celah air masuk kedalam atap dan para-para rumah dan menyebabkan bocor plafon.


Penanganan kebocoran pada atap genteng 

lakukan pengecekan dan  perbaiki posisi atap genteng yang renggang agar kembali rapat


cek pula kemungkinan ada genteng yang retak atau rusak dan sebaiknya langsung diganti dengan genteng yang baru atau kondisinya masih baik. namun jika belum sempat di ganti, untuk sementara gunakan aquaproofing dan kain kasa aquapproofing untuk menambal keretakan pada genteng. 

  

2. Terjadi retak dan bocor halus pada atap dak

Pada Atap dak beton seringkali terjadi keretakan dan bocor halus yang disebabkan cuaca panas dan hujan yang silih berganti yang menyebabkan keretakan dan bocor halus pada atap dak beton, bisa juga disebabkan campuran beton yang kurang baik.


Antisipasi kebocoran pada atap dak beton:

Aplikasikan aquaproofing yang banyak dijual di toko bahan bangunan. guna cairan aquaproofing yang setelah mengering akan menjadi seperti lapisan elastis seperti karet yakni untuk menutupi pori2 pada atap beton maupun dinding serta melindungi dari cuaca ekstrim panas dan hujan. aplikasikan minimal 2 x pelapisan aquaproofing, pelapisan pertama aquaprofing di campur air dengan perbandingan 1 : 10 agar cairan aquaproofing mudah meresap dan mengisi pori-pori dak beton, setelah lapisan pertama kering lakukan lapisan kedua tanpa dicampur air.


Jika memungkinkan atap dak beton dipasangi keramik, karena disamping menutup pori-pori dan retak-retak halus pada atap dak, keramik pun sudah teruji tahan terhadap cuaca panas dan dingin ekstrim sehingga melindungi dan memperkuat atap dak beton.


Penanganan kebocoran pada atap dak beton

lakukan pengecekan atap dak adakah retakan, atau lubang sekecil lubang bekas paku bisa menyebabkan air masuk rembes kedalam beton dan tembus ke plafon rumah terutama jika intensitas curah hujan yang cukup tinggi, atau cek dak beton yang tetap basah dan lembab walaupun cuaca kering? itu menandakan bahwa bagian dak yang terasa basah dan lembab tersebut mengisap air, disebabkan komposisi campuran beton yang kurang tepat atau adukan beton kurang merata. 


penangananya lakukan pelapisan atap dak beton dengan Aquaproofing. aplikasikan minimal 2 x pelapisan aquaproofing, pelapisan pertama aquaprofing di campur air dengan perbandingan 1 : 10 agar cairan aquaproofing mudah meresap dan mengisi pori-pori dak beton, setelah lapisan pertama kering lakukan lapisan kedua tanpa dicampur air.


3. Kebocoran pada talang  

Pada talang terdiri dari 3 macam yakni 

Talang rebah yang dipasang secara horisontal maupun miring seperti : talang zinc, talang bonet, talang dak beton, maupun talang pipa


Talang tegak yakni berupa pipa yang dipasang vertikal yang menghubungkan talang atap , atap dak beton  dengan talang pendam


Talang pendam ialah pipa yang menghubungkan talang tegak dengan saluran drainase maupun sumur resapan


kebocoran pada talang biasanya disebabkan karena:


Talang rusak berlubang disebabkan berbagai hal, atau faktor umur yang sudah tua


Talang tersumbat oleh sampah seperti dedauan kering yang terbawa angin dan jatuh menumpuk di dalam talang, atau sampah lain.


Sambungan talang kurang rekat sehingga bercelah yang memungkinkan air hujan masuk melalui celah-celah tersebut.


Volume talang kurang memadai dengan luas atap sehingga debit air yang tak tertampung oleh talang rebah, talang tegak dan talang pendam meluap ke dalam para-para atap


Antisipasi kebocoran pada Talang


Menggunakan bahan / material talang yang kuat dan awet

sebaiknya pada saat membangun rumah menggunakan talang dengan bahan/material yang kuat awet guna memperkecil kemungkinan kerusakan pada talang. misalnya jika talang rebah terbuat dari beton maka sebaiknya talang di buat agak lebar agar dapat menampung air saat debit curah air hujan sangat tinggi sehingga air tidak meluap kedalam sela-sela atap dipasangi keramik agar lebih tahan bocor, jika tidak minimal talang betong di lapisi dengan aquaproofing


Membersihkan talang secara berkala

talang sering di cek dan dibersihkan secara berkala dari sumbatan-sumbatan oleh sampah, pasir, dedauanan yang mengendap dan menumpuk.


Memperkuat rekatan antar sambungan talang

mengecek sambungan-sambungan talang dan menggunakan zat adhesive seperti lem PVC jika talang berupa pipa/ pvc untuk merekatkan kembali sambungan.


Penanganan kebocoran pada Talang

Bersihkan talang dari sumbatan-sumbatan sampah, dedaunan, pasir dan lain-lain


Tambal kebocoran pada talang yang rusak dengan menggunakan seratfiber dan aquaproofing atau jika memungkinkan di ganti saja talang dengan bahan yang lebih kuat dan efektif.


Demikian penyebab, cara mengantisipasi, dan menangani kebocoran atap rumah. semoga bermanfaat.


by Empros kontraktor