expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

kontraktor baik dan jujur itu ada, Tidak semua kontraktor culas!

kita sering dengar kalimat pertanyaan : "...kenapa gak di bangun saja tanahnya..?, "..kenapa tidak di tingkat saja rumahnya..?" ,  "....kenapa harus pakai jasa kontraktor dan arsitek? itu kan mahal...?" , "....kenapa tidak dibangun sendiri saja rumahnya..?" begitulah pertanyaan-pertanyaan yang terlontar dengan begitu mudahnya kepada kita, yang seolah-olah menggampangkan masalah, seolah-olah membangun adalah perkara yang mudah semudah membalikan telapak tangan, tapi sah-sah saja orang bertanya demikian itu hak setiap orang untuk bicara, namun setiap orang akan berbicara maupun bertanya tentunya sesuai pada tingkat pengetahuan dan wawasannya.

Orang yang awam tentang dunia kontraktor & Arsitek berpendapat bahwa menggunakan jasa kontraktor & arsitek itu adalah Mahal, pemborosan, cuma untuk orang kaya yang kebanyakan uang, itu sih statemen orang yang kurang mengerti mengenai dunia kontraktor dan arsitek. ia berbicara karena masih awam tentang dunia yang ia bicarakan. pemahaman dan penilaiannya akan berubah ketika ia mengalami berada pada posisi sebagai kontraktor/arsitek. beberapa orang yg tadinya awam, lalu kami ajak terjun sebagai bagian dari kegiatan usaha kontraktor yang kami jalankan akhirnya bilang kepada saya: "...saya tak berani jadi kontraktor...belum bisa memikul tanggungjawabnya..."

ada lagi yang bilang kepada kami: "....saya gak akan sanggup jadi kontraktor, gak akan ke otakin! capek...!".

Namun ada lagi orang yang sudah terlanjur sinis, dengki, dan curiga pada profesi kontraktor & arsitek, mereka bilang: "...kontraktor itu enak kerjanya menipu, uangnya banyak karena ambil untung banyak, kabur lalu berfoya-foya.." statemen sinis diatas bisa kita persamakan dengan statemen sinis: "....tentara itu enak, petantang-petenteng..makan gaji buta, gak perang-perang.., giliran di tugaskan perang.. malah kabur..."  hmm.. ini tuduhan yang terdengar sangat keji ya? kata-kata seseorang mencerminkan siapa dirinya. jika sesorang hanya bisa mengeluarkan kata-kata yang menjudge/menghakimi tanpa bukti maka hal itu mencerminkan dirinya yang sebenarnya yakni orang yang; sinis, dengki, paranoid, dan tukang fitnah. perlukah didengar statemen seperti itu? didengar boleh.. karena suara pasti terdengar telinga kita kecuali kita tuli, tapi jangan di telan bulat-bulat menjadi suatu kebenaran. karena kebenaran harus berdasarkan kepada bukti dan fakta yang ada, bukan pada katanya.. dan katanya... 


jika saja kami mendengar langsung orang berkata begitu maka akan kami persilahkan orang tersebut mencoba peran kami sebagai kontraktor, apabila ia bisa menangani 1 proyek saja berikut tanggung jawab masa pemeliharaan nya hingga tuntas, tanpa ia menjadi terjerat hutang atau bangkrut jatuh miskin, tanpa masuk penjara, atau tanpa masuk rumah sakit, maka ia adalah orang yang berkemampuan menjadi kontraktor, dan kami yakin orang tersebut akan lebih menjaga bicaranya kerana sudah merasakan "pahit getir nya" menjadi kontraktor, syukur-syukur  juga bisa merasakan "buah manisnya" yang berbuah karena berkah, dan berkah itu hanya turun kepada orang yang menjalankan peranan dan tanggungjawabnya dengan baik.


Jadi apakah semua konraktor baik? tentu saja tidak! sama seperti halnya ada pejabat nakal, ada tentara nakal, ada polisi nakal ada PNS nakal, ada hakim nakal, ada pengusaha nakal dan yang "nakal-nakal" itu ada di semua golongan profesi, bukan hanya profesi kontraktor!. 

yang Nakal-nakal itu oknum, bukan berarti keseluruhan nya bisa di judge tidak baik, karena pejabat yang baik dan jujur ada, hakim, Tentara, polisi, pengusaha dan PNS yang baik dan jujur juga banyak. kontraktor juga ada yang baik, yang fair, dan profesional dalam menjalankan pekerjaannya.

Bagaimana parameter untuk menilai kontraktor baik atau kontraktor nakal? berikut ini perbandingannya:

GOOD CONTRACTOR(KONTRAKTOR BAIK)

 BAD CONTRACTOR(KONTRAKTOR NAKAL)
+1.
identitas pribadi kontraktor jelas dibuktikan dengan tanda identitas(KTP) yang asli & bila di cek kekelurahan akan sinkron antara KTP nya dengan arsip penduduk di kelurahan. mintalah foto KTP, atau foto saja KTP nya

+2
perusahaan legal, memiliki ijin usaha(SIUP)
Perusahaan terdaftar, memiliki Tanda Daftar Perusahaan(TDP), memiliki NPWP perusahaan dan semuanya setelah di cek ke dinas terkait(Badan Perijinan Terpadu) data-datanya sesuai(sinkron)

+3.
kontraktor memiliki tempat usaha milik sendiri yang permanen dan tidak berpindah-pindah, sehingga memudahkan anda untuk mencari/mendatangi kontraktor jika ada masalah terkait hubungan bisnis anda dengan kontraktor. dan lebih bagus lagi jika kantornya juga merupakan tempat tinggal/rumah owner perusahaan kontraktor, artinya kontraktor pasti akan lebih sering berada di rumahnya saat rehat.

+4.
kontraktor sudah lama beroperasi minimal sudah beroperasi selama 2 tahun. tapi bukan berarti semua kontraktor baru/pemula tidak baik dan tidak jujur. namun jam terbang perusahaan dalam bisnis menunjukan pengalaman dan kemampuan dalam menangani pekerjaannya. lebih bagus lagi jika kontraktor sudah beroperasi lebih dari 5 tahun, biasanya sudah benar-benar teruji, dan mapan.

+5.
jika anda meminta perkiraan/estimasi biaya proyek anda, maka kontraktor cepat memberikannya kepada anda sesuai janji waktu yg ia berikan kepada anda, hal ini mencerminkan etos kerja kontraktor yang memang kompeten dan konsisten pada dead line, maka begitupun ketika kontraktor mengejakan proyek, konsisten dan tepat waktu

+6.
kontraktor cukup mendetail dan terbuka bila di tanyakan proyek-proyek yang sedang kerjakannya itu kemungkinan besar kontraktor tersebut adalah kontraktor yang transparan/ terbuka dalam pekerjaannya, karena memberikan informasi yang benar menunjukan kejujuran kontraktor
+7.
kontraktor jarang datang ke rumah/tempat anda melainkan ia lebih suka mengundang anda ke tempatnya/kantor/rumahnya dan tidak memaksa anda cepat-cepat mengambil keputusan bahkan mempersilahkan anda untuk membandingkan terlebih dulu dengan kontraktor lain


+8.
Kontraktor menawarkan harga yang tidak terlalu murah dan tidak terlalu mahal Bila di bandingkan dengan harga kontraktor pada umumnya. kontraktor cukup pelit dalam memberikan diskon dengan alasan bahwa kualitas akan berbanding lurus dengan harga.

+9.
kontraktor memberikan anda referensi klien-kliennya yang lama nya, mempersilahkan/mengantar anda mendatangi rumah klien untuk meminta informasi mengenai kontraktor tersebut, ini mengindikasikan kontraktor merasa tidakmemiliki masalah dengan klien lama, malah ingin menunjukan bukti bahwa proyek-proyek sebelumnya telah sukses ia kerjakan.

+10.
kontraktor memperlihatkan asset dan inventaris usaha yang terbukti benar-benar miliknya bukan sewaan atau milik orang lain.

+11.
kontraktor bisa membuktikan cukup banyak klien/proyek yang dia peroleh dalam usia bisnisnya dari tahun ke tahun

+12.
kontraktor bisa membuktikan hanya sedikit masalah dan membuktikan penyelesaian masalah dengan klien-klien lama nya tanpa merugikan klien-klien lamanya

+13.
kontraktor  tidak meminta uang muka atau pembayaran dimuka yang sangat besar misalkan hanya dibawah 60% dari total nilai proyek anda, atau bahkan hanya meminta pembayaran 30% di muka, itu mengindikasikan : bisa jadi kontraktor percaya anda akan konsisten dalam hal pembayaran apabila di pakai sistem pembayaran bertahap/termin, atau bisa jadi kontraktor tidak mengalami kesulitan keuangan, bisa jadi kontraktor sudah berniat baik anda, mengambil pembayaran hanya sesuai dengan persentase progress pekerjaan yang di lakukannya.

+14.
kontraktor terlihat bersemangat menberikan janji-janjinya secara tertulis dan terlihat bersemangat pula menuangkan kesepakatan dalam bentuk surat perjanjian/kontrak. ini mengindikasikan bahwa kontraktor benar-benar beritikad baik dan menghendaki adanya aturan/ketentuan yang jelas mengenai kewajiban kedua belah pihak dan jaminan hak-hak kedua belah pihak serta benar-benar tertulis dan berkekuatan hukum.


-1.
Identitas pribadi kontraktor meragukan, kartu identitas palsu,ketika dicek ke kelurahan tidak ada/identitas tidak sesuai dan tidak sinkron dengan arsip data penduduk di kelurahan

-2.
Legalitas perusahaan meragukan, dokumen-dokumen : SIUP, TDP, NPWP tidak lengkap atau palsu ketika dicek dinas yang terkait data perusahaannya tidak ada/tidak benar/tidak sinkron


-3.
kontraktor tidak memiliki tempat usaha milik sendiri hanya door-to-door, atau hanya menyewa tempat dan sering berpindah-pindah. hal ini akan menyulitkan anda untuk mencari kontraktor ini ketika ada masalah terkait hubungan bisnis anda dengan kontraktor ini. terbiasa berpindah-pindah tempat usaha yang tak jelas mengindikasikan kontraktor juga mudah saja untuk "kabur"


-4.
kontraktor baru beroperasi, namun sudah terlalu banyak mengumbar janji-janji kepada anda dan sering menceritakan proyek-proyek "fiktif" nya. padahal yang diceritakan sebagian besar adalah  bukan proyek yang dikerjakannya, melainkan proyek perusahaan lain.logikanya berapa banyak sih proyek milik klien yang bisa dikerjakan kontraktor pemula yang beroperasi dibawah 2 tahun?


-5.
jika anda meminta perkiraan/estimasi biaya proyek anda, maka kontraktor memberikannya kepada anda tidak sesuai janji waktu yg ia berikan kepada anda, hal ini mencerminkan etos kerja kontraktor yang memang buruk dan tidak konsisten pada dead line, maka begitupun ketika kontraktor mengejakan proyek, tidak konsisten dan molor waktu


-6.
kontraktor kurang mendetail dan kurang terbuka bila di tanyakan proyek-proyek yang sedang kerjakannya itu kemungkinan besar kontraktor tersebut adalah kontraktor yang tidak transparan/terbuka dalam pekerjaannya khususnya nanti dalam hal keuangan bisa jadi sering menutupi penyelewengan keuangan, dan mengindikasikan kontraktor kurang jujur. 

-7.
kontraktor sering sekali datang ke rumah/tempat anda dan memaksa anda cepat-cepat mengambil keputusan mengenai proyek anda untuk di serahkan kepada kontraktor


-8.
Kontraktor menawarkan harga sangat murah dibawah harga kontraktor pada umumnya. atau kontraktor sangat royal dalam memberikan diskon yang menggiurkan, ingatlah! bahwa kualitas akan berbanding lurus dengan harga.

-9.
kontraktor tidak memberikan anda referensi klien-kliennya yang lama nya, apalagi mendatangi rumah klien untuk meminta informasi mengenai kontraktor tersebut, ini mengindikasikan kontraktor hendak menutupi masalahnya dengan klien lama, atau memang baru sedikit/belum ada proyek yang yang sudah di tuntaskannya

-10.
kontraktor memperlihatkan asset dan inventaris usaha yang "meragukan" perlu anda menyelidiki apakah asset dan inventaris yang di perlihatkan kontraktor adalah benar-benar miliknya atau sewaan atau milik orang lain.

-11.
kontraktor hanya bisa membuktikan sedikit sekali klien/proyek yang dia peroleh dalam usia bisnisnya dari tahun ke tahun

-12.
kontraktor tidak bisa membuktikan penyelesaian masalah dengan klien-klien lama nya sebelum anda

-13.
kontraktor meminta uang muka atau pembayaran dimuka yang sangat besar misalkan melebihi 60% dari total nilai proyek anda, atau bahkan meminta pembayaran 100% di muka, itu mengindikasikan : bisa jadi kontraktor tidak/kurang percaya anda akan konsisten dalam hal pembayaran apabila di pakai sistem pembayaran bertahap/termin, atau bisa jadi kontraktor sedang mengalami kesulitan keuangan untuk membayar hutang proyek lama, atau pinjaman-pinjaman lainnya, atau yang lebih mengerikan bisa jadi kontraktor sudah berniat menipu anda, mengambil pembayaran di muka lalu kabur!

-14.
kontraktor terlihat enggan menberikan janji-janjinya secara tertulis dan terlihat enggan menuangkan kesepakatan dalam bentuk surat perjanjian/kontrak. ini mengindikasikan bahwa kontraktor menghindari banyak bukti tertulis (alat bukti)yang bisa menyebabkan tuntutan hukum apabila ia lalai melaksanakan proyek anda.


Jika anda tidak ingin salah pilih kontraktor, maka EMPROS adalah patut menjadi salah satu alternatif pilihan perusahaan kontraktor yang sangat perlu di perhitungkan, karena EMPROS sejak tahun 2008 hingga kini terbukti sebagai kontraktor yang Handal, profesional, dan Terpercaya.(Egi Masna)