expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

50 rahasia bahasa tubuh untuk sukses dalam hidup



Bahasa tubuh(body language) adalah cara tubuh secara alamiah mengkomunikasikan apa yang di alami, di rasakan, dipikirkan, oleh tubuh, yang juga dapat menyampaikan pesan non verbal/non lisan. namun bahasa juga bisa di terapkan secara tidak alami, yakni dengan cara mempelajari rahasia/makna dari bahasa tubuh dan berlatih menggunakannya sesuai dengan situasi dan kondisi pada saat di perlukannya.

Seorang profesor dari UCLA dilakukan penelitian yang menunjukkan 55% komunikasi berasal dari bahasa tubuh dan hanya 7% dari kata-kata yang kita gunakan.Dalam terang penelitian ini, masuk akal bagi siapa pun, apakah siswa yang baru mulai keluar dalam hidup atau berpengalaman bisnis profesional, untuk memperhatikan apa bahasa tubuh mereka berbicara  kepada orang lain serta belajar membaca isyarat non-verbal dari orang lain. 

Rahasia 50 bahasa tubuh berikut ini akan memberikan Anda dengan tips yang dapat Anda gunakan dalam wawancara kerja, meningkatkan karir Anda, meningkatkan kehidupan sosial Anda, belajar bagaimana membaca bahasa tubuh orang lain, dan apa yang Anda tidak harus lakukan ketika datang ke bahasa tubuh.

Wawancara kerja
Perhatikan bahasa tubuh Anda menggunakan tips ini untuk memastikan Anda memberikan kesan terbaik selama wawancara pekerjaan.
1.     Handshake/Jabat tangan . Semua orang tahu bahwa jabat tangan merupakan elemen penting dari kesan pertama. Menawarkan jabat tangan erat yang menunjukkan kepercayaan diri.
2.     Jangan menyilangkan lengan dan kaki . Menyilangkan tangan atau kaki dipandang sebagai posisi defensif dan bukan apa yang Anda ingin menyajikan kepada calon majikan Anda.
3.     Duduk atau berdiri dengan kaki agak terpisah . Ketika Anda duduk atau berdiri dengan kaki agak terpisah, ini memberikan kesan bahwa Anda percaya diri .
4.     Jauhkan tangan dan kaki masih . Gelisah memancarkan gugup. Sebaliknya, menjaga tangan Anda santai di pangkuan Anda dan menyadari apa yang kaki Anda lakukan.
5.     Gerakan kursi . Jika Anda sedang duduk di kursi yang berputar, pastikan Anda tidak sengaja berbalik-balik karena dapat mengganggu dan juga membuat Anda tampak gugup.
6.     Nada suara . Menyadari nada kualitas suara Anda. Jangan monoton, namun jangan biarkan nada suara Anda bervariasi ekstrem seperti yang Anda terdengar gembira atau gugup. Salah satu tip bermanfaat adalah untuk mengambil napas dalam-dalam sebelum bicara.
7.     Menyadari bahasa tubuh pewawancara . Memperhatikan apa orang yang mewawancarai Anda mengatakan melalui bahasa tubuhnya. Anda tidak hanya dapat menentukan apakah dia tertarik pada apa yang Anda tawarkan, Anda juga dapat mencocokkan bahasa tubuh Anda ke tingkat formalitas.
8.     Telapak terbuka . Gerakan penggunaan tangan yang menjaga Anda telapak terbuka, yang menunjukkan Anda terbuka dan ramah. Gestures dengan telapak tangan memberitahu pewawancara bahwa Anda mungkin dominan atau agresif.
9.     Menjaga mata terfokus . Mata licik bergerak di sekitar ruangan akan memberikan calon majikan Anda perasaan bahwa Anda sedang tidak jujur, atau paling tidak, tidak nyaman.
10.  Mendengarkan secara aktif . Jadilah pendengar yang aktif selama wawancara. Lakukan kontak mata, mengangguk kepala Anda sementara yang lain berbicara, dan menyisipkan sebuah pengakuan lisan beberapa seperti "ya" atau "Saya melihat."

Bisnis dan Karir
Apa yang Anda katakan dengan bahasa tubuh Anda dapat menyampaikan banyak untuk rekan bisnis Anda sebagai kata-kata Anda. Pelajari cara mengelola bahasa tubuh Anda dalam pengaturan bisnis untuk membantu mempromosikan karir Anda.
11.  Rileks bahu Anda . Ketika banyak orang merasakan ketegangan, mereka menarik bahu mereka. Jadilah sadar ini dan rileks bahu Anda. Tidak hanya akan membantu mencegah sakit leher dan punggung, itu membuat Anda tampak kurang stres, juga.
12.  perhatikan posisi kepala Anda . Memegang tingkat kepala Anda baik secara vertikal dan horizontal menunjukkan kepercayaan diri dan meminta orang lain untuk membawa Anda serius. Jika Anda ingin menunjukkan bahwa Anda mendengarkan dan terbuka untuk orang lain, miringkan kepala Anda sedikit ke satu sisi.
13.  Gunakan tangan Anda . Menggantung tangan Anda ke bawah di sisi Anda selama presentasi menunjukkan depresi/tertekan. Sebaliknya, menjaga tangan Anda aktif dan menggunakan isyarat untuk menunjukkan keterlibatan dan energi.
14.  Hapus kesempatan untuk kontak mata dalam konflik . Jika negosiasi telah berubah asam atau rekan kerja tidak setuju, memindahkan mereka ke bentuk yang berbeda dari komunikasi yang tidak melibatkan kontak mata, seperti email atau IM, mungkin meredakan situasi dan memungkinkan untuk aliran yang lebih baik dari komunikasi.
15.  Jauhkan tangan Anda dari kantong Anda . Berdiri dengan tangan Anda di saku Anda dapat mengirimkan beberapa sinyal kepada orang-orang di sekitar Anda, mungkin tidak satupun dari mereka apa yang Anda inginkan. Kecuali Anda mencoba untuk terlihat kurang percaya diri, karena jika Anda memegang diri kembali, Anda bosan, atau Anda menyembunyikan sesuatu, kemudian mengambil tangan Anda dari kantong Anda.
16.  Perempuan, mempelajari "tatapan bisnis" . Bagi wanita, elemen kunci untuk dianggap serius adalah "tatapan bisnis" atau memegang garis pandang di daerah dari mata ke pertengahan dahi. Sebuah tatapan lebih rendah menunjukkan lebih "tatapan sosial."
17.  Lakukan kontak mata dengan semua orang . Jika Anda berada dalam sebuah pertemuan atau memberikan presentasi, membuat sebuah titik untuk membuat kontak mata dengan masing-masing orang yang terlibat (kecuali jika itu adalah rumah yang penuh sesak dan fisik tidak mungkin untuk dilakukan).
18.  Perhatikan sikap Anda . Berdiri di posisi komando , dengan kaki menyebar dan tangan di pinggul, memberitahu orang lain Anda merasa tidak setuju, superior atau sombong.
19.  Jauhkan tangan Anda dari belakang kepala Anda . Duduk kembali dengan tangan Anda terlipat di belakang kepala adalah posisi lain yang berkomunikasi arogansi atau superioritas.
20.  Interupsi . Jika Anda berada di tengah-tengah percakapan dengan atasan atau dalam pertemuan yang telah terganggu, yang terbaik adalah untuk melihat jauh dari orang berurusan dengan gangguan dalam upaya untuk memberi mereka privasi dan untuk menunjukkan bahwa Anda telah melepaskan diri dari sesuatu yang tidak bisnis Anda.

Hubungan dan Kencan
Apakah Anda ingin meningkatkan kehidupan cinta Anda atau kehidupan sosial Anda, belajar teknik bahasa tubuh ini sehingga Anda yakin Anda mengatur nada yang tepat dalam pengaturan sosial apapun.
21.  Lakukan kontak mata, tapi tidak terlalu banyak . Yang satu ini mungkin merasa sedikit rumit, tetapi penting untuk melakukan kontak mata , namun Anda tidak ingin pergi ke laut di atasnya. Tidak membuat kontak mata tampak lemah, tapi menatap terlalu lama membuat orang lain merasa tidak nyaman.
22.  Senyum . Tersenyum saat dalam percakapan dengan orang lain menunjukkan Anda ramah, santai, dan tertarik pada apa yang mereka katakan.
23.  Berikan ruang pribadi . Jangan berdiri atau duduk terlalu dekat dengan orang lain. Ruang pribadi adalah penting, dan ketika letak/posisi Anda tak melihat batas, yang lain merasa sangat tidak nyaman. Berapa banyak ruang yang Anda berikan tergantung pada situasi, seberapa baik/dekat  Anda tahu orang itu, dan harapan budaya. Di AS, teman yang baik harus sekitar 1,5 sampai 4 kaki (sekitar 45 cm s/d 120cm) dan kenalan, 4 sampai 12 kaki(sekitar 1,2 meter s/d 3,6 meter).
24.  Baik postur . Ini adalah bahasa tubuh lain dengan keseimbangan yang baik. Anda ingin berdiri atau duduk tegak untuk memberikan posisi yang terlihat percaya diri, tapi berdiri atau duduk tegak lurus hanya tampak aneh.
25.  Bersandar atau pergi . Sementara berbicara dengan seseorang, bersandar ke mereka untuk menunjukkan Anda tertarik pada apa yang mereka katakan. Bersandar sedikit kembali menunjukkan kepercayaan diri.
26.  Mirroring . Mirroring adalah suatu tindakan sadar bahwa orang-orang lakukan ketika mereka memiliki hubungan satu sama lain. Perhatikan pada saat Anda sedang duduk dengan teman baik atau anggota keluarga dekat. Apakah Anda melihat bagaimana ketika salah satu dari Anda bersandar pada yang lainnya?, apakah yang lain tidak juga?, atau ketika salah satu dari Anda mengambil minuman Anda, yang lain juga akan mengambil minumannya juga? Ini mirroring dan merupakan indikasi untuk orang lain bahwa Anda berbagi sambungan.
27.  Menghadapi orang lain . Apakah duduk atau berdiri, menghadapi orang tepat untuk menunjukkan Anda terlibat dan memperhatikan mereka. Memutar tubuh Anda jauh atau mencari kesempatan pergi untuk waktu yang lama menunjukkan bahwa Anda tidak tertarik pada mereka.
28.  Pelajari tanda-tanda menggoda . tanda-tanda bahasa tubuh mungkin termasuk sentuhan kasual, bersandar di arah Anda, dan wanita menyentuh atau bermain dengan rambut mereka.
29.  Memulai percakapan . Gunakan bahasa tubuh untuk memulai percakapan . Sesuatu yang sederhana seperti senyum atau ekspresi di mata Anda dapat memulai percakapan semudah kata-kata.
30.  Ekspresi wajah . Emosi Anda dengan mudah dikomunikasikan melalui ekspresi wajah Anda. Jika Anda mencoba untuk berkomunikasi kebahagiaan, kejutan, takut, marah, atau emosi lainnya, mempelajari apa wajah terlihat seperti saat mengalami emosi ini.

Membaca Bahasa Tubuh
Memahami bahasa tubuh Anda amati pada orang lain sama pentingnya dengan mengelola bahasa tubuh Anda sendiri. Memoles rahasia ini untuk mempelajari apa yang orang lain katakan.
31.  Pergi dari terbuka untuk tertutup . Jika seseorang mulai keluar dalam percakapan dengan Anda secara terbuka dengan cara dengan lengan rileks, bersandar ke depan sedikit, dan mengangguk setuju untuk kehadiran lebih tertutup yang mungkin termasuk lengan dilipat, bersandar jauh, dan jari menekan, maka Anda telah kehilangan Anda hadirin.
32.  Mengerutkan dahi . Jika Anda melihat seseorang duduk diam dan mengerutkan dahinya , dia mungkin tenggelam dalam pikiran atau berkonsentrasi keras pada sesuatu.
33.  Tangan ke mulut . Jika seseorang menutupi mulut mereka, mereka baik merasa tidak aman atau mungkin berbohong.
34.  Berbohong . Pelajari beberapa cara sederhana untuk mengenali kapan seseorang berbohong , seperti menghindari kontak mata, menggaruk hidung atau di belakang telinga mereka, gerak tubuh dan ekspresi tidak cocok, dan kaku lengan dan tangan gerakan.
35.  Posisi tegak . Jika seseorang menawarkan jabat  tangan dengan mereka tegak , mereka menunjukkan rasa dominasi atau otoritas. Demikian juga, jabat tangan atau tangan-menahan erat  dengan telapak tangan menghadap ke atas menunjukkan mereka terbuka dan lebih patuh.
36.  Mengambil dalam konteks . Salah satu elemen dari bahasa tubuh mungkin tidak menceritakan seluruh cerita, jadi pastikan untuk mempertimbangkan beberapa isyarat yang berbeda non-verbal, situasi sosial, dan perbedaan budaya yang dapat mempengaruhi bahasa tubuh.
37.  Presisi pegangan . Ketika seseorang sedang berbicara kepada Anda dan menggunakan pegangan presisi , atau ibu jari dan jari telunjuk menyentuh dengan jari lainnya ditutup pada telapak tangan, mereka mencoba untuk berhubungan sesuatu kepada Anda bahwa mereka ingin kau mengerti.
38.  Tubuh Menjauh. Jika seseorang ternyata tubuh mereka menjauh dari Anda saat Anda berbicara, mereka mengatakan bahwa mereka ingin meninggalkan dan selesai bicara dengan Anda. Mengabaikan sinyal ini berarti Anda akan mengiritasi mereka lebih lanjut jika Anda terus bicara.
39.  Berjalan pergi saat berbicara . Ini mungkin merupakan tanda bahwa orang tersebut terburu-buru dan berusaha untuk tidak bersikap kasar. Jika Anda melihat ini, biarkan mereka pergi dengan pengakuan bahwa Anda dapat menangkap nanti.
40.  Memberi arti diwujudkan . Ide memberi arti diwujudkan adalah bahwa tubuh bereaksi terhadap otak yang berpikir dengan cara harfiah/menafsirkan. Jika seseorang berpikir tentang masa lalu, mereka mungkin bersandar sedikit dibandingkan dengan bersandar ke depan ketika berpikir tentang masa depan. Juga, seseorang memegang cangkir teh hangat dapat bereaksi secara berbeda terhadap situasi yang sama seperti seseorang yang memegang segelas es teh.

Apa yang Tidak Harus Dilakukan
Dalam rangka untuk membuat kesan terbaik dalam situasi apapun, jangan lakukan tindakan ini yang dapat memberi citra negatif dari diri sendiri.
41.  Cara ramping kembali . Bersandar terlalu jauh ke belakang ketika terlibat dalam percakapan menempatkan off  sinyal negatif, mengatakan Anda terlalu percaya diri dalam diri Anda.
42.  Menyentuh wajah Anda . Menyentuh wajah Anda muncul rasa tidak aman dan juga dapat mengganggu bagi mereka berbicara dengan Anda.
43.  Menutupi dada Anda . Tidak memegang minuman atau apa pun tepat di depan dada karena hal ini menunjukkan sikap depensif/menjaga, bahwa Anda mungkin tidak berniat untuk proyek kepada orang lain.
44.  Tatapan kosong . Jika Anda telah berhenti mendengarkan seseorang dan membiarkan pikiran Anda membawa Anda pergi, tatapan akan menampilkan sebagai tatapan kosong, menunjukkan Anda tidak lagi mendengarkan. Jika Anda merasa diri Anda menyimpang jauh, setidaknya mencoba untuk menjaga wajah Anda animasi dalam upaya untuk menunjukkan bahwa Anda masih mendengarkan.
45.  Tekan kaki Anda .Menekan kaki Anda menunjukkan kebosanan, jadi kecuali Anda mencoba untuk menjatuhkan sedikit tidak terlalu halus, maka pastikan untuk menjaga kaki Anda tetap.
46.  Mengepalkan Anda tinju . Mengepalkan tinju adalah tanda yang jelas bahwa Anda marah, frustrasi, atau menahan pendapat Anda.
47.  Bungkuk . Membungkuk di kursi Anda memberitahu orang lain bahwa Anda tidak tertarik pada apa yang sedang terjadi. Apakah duduk di pertemuan bisnis atau mendengarkan seseorang berbicara, duduk tegak untuk menunjukkan Anda memperhatikan dan terlibat.
48.  Jari Drumming/mengetuk . Tidak ada yang menunjukkan kebosanan seperti mengetuk-ngetukkan jari Anda di atas meja atau meja. Nah, kecuali mungkin menggosok bagian belakang leher Anda atau menunjuk badan atau kaki menuju pintu.
49.  Lipstik merah terang . Ladies, jika Anda ingin membuat kesan profesional dalam bisnis, simpan Anda lipstik merah terang untuk malam Anda di kotak dan memilih warna yang lebih kalem gantinya.
50.  Batuk atau menguap . Meskipun mungkin sulit untuk menekan reaksi fisik ini, mereka biasanya menunjukkan kegelisahan atau kebosanan .

Demikian 50 rahasia bahasa tubuh yang bisa anda pelajari, semoga bermanfaat.

Sumber: http://www.careeroverview.com/blog/2010/50-body-language-secrets/

  • Klien

    KLIEN & ADVISOR

  • Klien

    KLIEN

  • Klien

    KLIEN

  • Klien

    KLIEN

  • Klien

    KLIEN

CV. Emasna Propertindo Sentosa (CV.EMPROS): Jl. Mekar Jaya No.14-15, Dampit Atas, Rt.01 Rw.07 Mekarjaya, Ciomas, Bogor, JawaBarat 16610
Call/ sms/ Whatsapp number : 0813 8911 3085     Office phone : 0251 863 9018     Email: admin@empros.co.id     Gmail: emprospost@gmail.com

 KLIK UNTUK FULL SCREEN
🙏ATTENTION🙏: Dikarenakan ada perubahan nama Jalan maka alamat nama jalan CV.EMPROS berubah dari semula 👉JL.Ciomas Harapan No.14 menjadi 👉Jl. Mekar Jaya No.14-15 Adapun Titik lokasi di Google Map sudah akurat dan tidak ada Perubahan, jika perlu panduan ke lokasi hubungi/whatsapp kami di no0 8 1 3  8 9 1 1  3 0 8 5 🙏Terimakasih atas perhatiannya🙏, salam sukses selalu..👍.