expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>
                                                                               

Arti penting sebuah rumah bagi keluarga yang jarang kita sadari

Rumah adalah merupakan salah satu kebutuhan primer yang sangat strategis nilainya, pergeseran nilai budaya konsumerisme yang membuat orang-orang cenderung mementingkan gaya hidup daripada kebutuhan yang jauh lebih penting menjadi trend yang terjadi di masyarakat di jaman ini menyebabkan orang cenderung menganggap kebutuhan untuk memiliki sebuah rumah adalah tidak terlalu penting. 
Dok: Empros kontraktor
Bagaimana tidak, dijaman sekarang orang lebih suka menghabiskan uangnya untuk kebutuhan yang sifatnya pemenuhan kesenangan dan pemuasan sementara belaka, jangka pendek, bukan untuk kebutuhan yang sifatnya primer. orang memaksakan diri berlomba-lomba membeli kendaraan yang mementingkan prestis daripada mementingkan fungsi kendaraan itu sendiri yang sesuai dengan kebutuhannya, membeli gadget-gadget mahal yang sebenarnya kurang sesuai dengan manfaat yang ia perlukan dalam kesehariannya/pekerjaannya.membeli barang-barang mahal hanya untuk gengsi bukan karena fungsinya. adalah sesuatu yang sudah umum terjadi di masyarakat. 

Sementara untuk kebutuhan tempat tinggal, orang kebanyakan tidak terlalu ambil pusing, tidak mau memaksakan diri untuk memenuhinya, memilih cara yang mudah, yakni menumpang di rumah orangtua/family, walaupun sudah berkeluarga sendiri, atau mengontrak rumah, yang tak tahu sampai kapan ia akan tinggal bersama keluarganya di rumah kontrakan. ketika ada penghasilan lebih, orang cenderung menghabiskan nya untuk keperluan yang sesaat, bahkan kurang penting, seperti traveling, makan-makanan mahal,  shoping barang-barang mahal, pakaian mahal(yang kurang sesuai dengan pekerjaannya), berfoya-foya yang menghabiskan uang atau mencari hiburan demi kesenangan sesaat. padahal ketika uang sudah habis bahkan uang yang seharusnya untuk membayar sewa rumahpun turut habis tidak tersisa lagi, sehingga harus menunggak kontrakan, akhirnya karena tak bayar-bayar harus keluar dari kontrakan, ironis kan?. bersenang-senang dahulu tapi bersakit-sakit kemudian.

Padahal jika kelebihan penghasilan itu di simpan (di tabung) untuk mewujudkan rumah tempat tinggal bagi keluarganya maka itu adalah hal yang sangat bijaksana dibandingkan mengambur-hamburkan uang untuk kesenangan sementara.
orang kaya adalah orang yang mampu menunda kesenangan bukan orang yang saban hari kerjaannya bersenang-senang. artinya jika ia memiliki kelebihan uang maka ia akan gunakan untuk hal yang sangat penting dan sebagiannya lagi ia tabung, dan investasi yang memang menguntungkan. bukan investasi yang merugikan.

Jika anda adalah seorang kepala keluarga maka tugas anda untuk memimpin, menaungi, melindungi serta mengayomi seluruh anggota keluarga anda terutama memberikan tempat tinggal bagi"rakyat" anda yakni anak istri anda. maka Rumah merupakan suatu kebutuhan keluarga yang semestinya dapat anda penuhi.

Bagaimana caranya? membangun atau membeli rumahkan mahal, sanggupkah saya bisa mewujudkannya? pertanyaaan itu akan kembali kepada anda lagi: apakah anda sanggup menunda kesenangan, mengesampingkan kesenangan sesaat yang menghabiskan uang anda dan mengutamakan untuk menabung untuk bisa memiliki rumah sendiri?.

Mungkin kita perlu memotivasi lagi diri kita, mengenaiseberapa pentingkah arti sebuah rumah untuk keluarga kecil kita? jika anda bisa memotivasi diri dan bersungguh-sungguh berkeinginan untuk memiliki rumah sendiri, maka akan ada jalan untuk ke Roma. kuncinya adalah anda harus bersungguh-sungguh.
maka sadarilah arti pentingnya rumah untuk memotivasi diri dan keinginan anda untuk memiliki rumah sendiri entah dengan cara membeli ataupun membangun rumah. Beberapa arti penting sebuah rumah bagi keluarga yang kadang jarang kita sadari antara lain rumah adalah:


Dok: Empros kontraktor
1. Simbol kedaulatan sebuah keluarga
2. simbol pemersatu keluarga
3. merupakan simbol ikatan emosional bagi keluarga
4. Merupakan aset bernilai yang sangat penting
5. Mencerminkan status ekonomi seseorang
6. Tempat beristirahat paling ekonomis dan menentramkan hati.
7. Rumah tempat menjalin memupuk cinta kasih dalam keluarga
8. Rumah tempat refreshing paling efektif dan ekonomis
9. Benteng teraman bagi keluarga
10.Tempat aktifitas kehidupan diawali dan diakhiri
11.Tempat berkumpulnya keluarga
12.Tempat menerima tamu
13. Tempat  membina keluarga
14. Tempat pendidikan yang pertama dan terbaik bagi keluarga
15. Tempat kembali pulang yang paling di tuju keluarga
16. Tempat ide-ide dan gagasan tercipta
17. Tempat yang paling dicintai keluarga
18. sebagai tempat terbebas untuk berekpresi dan beraspirasi
19. Tempat berbagi suka dan duka dalam keluarga
20. Tempat bereproduksi/berketurunan
21. Tempat Lembaga terkecil yang paling solid
22. Tempat sebagian besar memory kenangan keluarga tercipta dan tersimpan
23. Sebagai warisan bagi keturunan.
24. Rumah adalah bagian dari kebutuhan primer/utama.
25. Rumah adalah Tempat Usaha.
26. Tempat beribadah/berdoa.
27. Rumah Tempat bermain

1. merupakan simbol kedaulatan keluarga
pixabay
seperti hanya sebuah lembaga sosial terbesar seperti sebuah Negara yang berdaulat haruslah memenuhi syarat -syarat utama agar dikatakan sebagai negara yang berdaulat yakni: 
      - Adanya Kepemimpinan negara
      - Adanya Rakyat/warganegara
      - Adanya Wilayah kekuasaan yang berdaulat
maka sebuah keluarga dapat dikatakan keluarga yang berdaulat apabila memliki wilayah kekuasaan yang di milikinya yakni sebuah rumah. 
dengan memiliki rumah sendiri sebuah keluarga sebagai lembaga /unit sosial terkecil dari masyarakat dapat menetapkan dan menerapkan aturan keluarganya sendiri di dalam area rumahnya yang tidak boleh di campuri atau diintervensi oleh orang luar.    




2. merupakan simbol persatuan keluarga
Rumah adalah tempat suami, istri, beserta anak bahkan ada juga cucu bersatu mengatasnamakan sebuah nama keluarga, sehingga seringkali seorang suami dikatakan telah berpisah dengan istrinya ketika sudah lama tidak tinggal serumah lagi, dan sehingga pasangan suami-istri yang baru menikah, atau pasangan suami-istri yang rujuk kembali akan bersatu di rumah,  maka rumah adalah merupakan simbol persatuan keluarga. 

3. merupakan simbol ikatan emosional bagi keluarga
Karena sebagian besar dari umumnya keluarga hampir sebagian besar waktu, usia dan aktivitas keluarganya lebih banyak di habiskan di alam rumah, maka Rumah pun secara metafisik dan spiritual akan menciptakan simbol ikatan batiniah dengan seluruh anggota keluarga. 

4. Merupakan aset bernilai yang sangat penting
pixabay

Memiliki sebuah rumah memang bukan sesuatu yang murah, rumah setara harga dengan barang-barang mahal lain yang merupakan gaya hidup. Namun berbeda dengan kebanyakan jenis harta benda lainnya yang mudah menyusut, atau semakin berkurang nilai nya seperti contoh nya Kendaraan semewah dan semahal apapun harga sebuah mobil ketika anda sudah beli dari showroom dan anda sudah kendarai 1 meter keluar dari showroom pun harga jualnya telah berkurang.benarkan?, namun sebuah rumah sejak selesai dibangun jika selalu terawat maka harganya semakin lama semakin mahal.maka merupakan aset yang nilainya sangat penting dibandingkan sebagian besar aset keluarga lainnya.

5. Mencerminkan status ekonomi seseorang
Sebuah keluarga yang tinggal di sebuah rumah yang besar dan mewah mencerminkan bahwa status ekonomi pemiliknya adalah seorang yang mampu/kaya. sedangkan sebuah keluarga yang tinggal di rumah menumpang di rumah orang tua/family atau  di rumah kontrakan dan sering berpindah-pindah sering dikatakan berstatus ekonomi keluarga kurang mampu.maka rumah mencerminkan status ekonomi sesorang.

6. Tempat beristirahat paling ekonomis dan menentramkan hati.
pixabay
Apakah anda seorang yang punya hobi traveling? tentu anda sering menginap di penginapan atau hotel, anda pun tentu sudah tahu jika menginap di hotel maka anda harus membayar tarif menginap per harinya berapa? lumayan kan total nilai tarifnya kalau anda kalikan 1 bulan?, bandingkan dengan anda tinggal dirumah, biayanya jauh lebih murah daripada menginap di hotel bukan?. dan jauh lebih menentramkan hati karena tidur/tinggal di rumah sendiri.


7. Rumah tempat menjalin dan memupuk cinta kasih dalam keluarga

pixabay
Apakah Rumah adalah tempat sebuah keluarga menjalin dan memupuk cinta kasih antara anggota keluarga: antara ayah dan ibu, antara orang tua dengan anak, dan antara sesama anak. dari rasa cinta kasih yang terjalin dan dipupuk dengan baik didalam rumah maka akan teraktualisasikan dalam rasa cinta kasih terhadap sesama manusia lainnya baik yang tinggal berdekatan maupun yang tinggal jauh terpisah jarak dan waktu.


8. Rumah tempat refreshing paling efektif dan ekonomis
Apakah refreshing itu? refreshing adalah menyegarkan atau mencharge ulang kembali kekuatan mental kita, motivasi dan semangat kita, setelah terkuras oleh aktifitas kesibukan sehari-hari. menghabiskan waktu berinteraksi, bercengkrama dengan anggota keluarga juga merupakan refreshing.
pixabay
refreshing biasa dilakukan di waktu istirahat atau pada hari libur beraktifitas, dan dapat di lakukan dengan berbagai cara seperti makan bersama, bermain bersama keluarga, bernyanyi bersama dan tidak semua harus dilakukan diluar rumah bukan? maka rumah adalah tempat refreshing paling efektif dan ekonomis.


9. Benteng teraman bagi keluarga
Rumah seyogyanya adalah merupakan tempat berlindung dan benteng teraman bagi keluarga tempat harta benda anda dan tempat tinggal/hunian anda beserta keluarga. Rumah juga dapat juga menjadi sebuah symbol status anda dan juga mencerminkan siapa diri anda, dan juga nilai-nilai positif yang anda dan keluarga anda miliki. kebutuhan akan sebuah Rumah sebagai tempat tinggal yang aman, nyaman, sehat dan asri seharusnya bukan hanya berada dalam angan-angan anda belaka namun semestinya juga menjadi sebuah target mutlak dari salah satu target pencapaian anda.

10.Tempat aktifitas kehidupan diawali dan diakhiri
Rumah adalah tempat dimulai dan tempat berakhirnya segala aktivitas hidup anda mulai dari bangun tidur pagi hari hingga pergi tidur beristirahat pada malam harinya.seluruh keluarga memulai beraktifitas sehari-hari dari rumah, ayah berangkat bekerja, anak-anak berangkat sekolah, ibu pergi belanja, ataupun untuk urusan yang lain semuanya berawal dari rumah dan  semua aktifitas keluarga sehari-hari akan diakhiri ditumah yakni ketika tidur/beristirahat pada malam hari.


11.Tempat berkumpulnya keluarga

Rumah adalah tempat berkumpulnya seluruh anggota keluarga baik keluarga kecil yang hanya terdiri dari suami-istri-anak maupun keluarga besar, yang terdiri dari Kakek-nenek-ayah-ibu-om-tante-saudara kandung-saudara sepupu-cucu hingga cicit. baik rumah sebagai tempat berkumpul keluarga sehari-hari maupun tempat berkumpul acara-acara keluarga, baik keluarga kecil maupun keluarga besar.


12.Tempat menerima tamu
Kita tentu pernah mengundang teman, relasi, family sebagian tamu untuk berkunjung ke rumah kita tentunya bukan ke rumah tetangga kan? anak-anak mengundang teman-temannya untuk bermain ataupun belajar bersama dirumah, ayah mengundang teman atau relasinya ke rumah, ibu mengundang tetangga ataupu teman-temannya untuk arisan, beribadah bersama atau acara kumpul-kumpul pertemanan, atau mengadakan acara resepsi, seperti acara ulang tahun, atau acara lainnya. maka rumah adalah tempat menerima tamu.

13. Tempat  membina keluarga
Rumah adalah tempat pembinaan terhadap seluruh anggota keluarga agar menjadi keluarga yang memiliki jati diri, ciri, karakter, budaya, moral, dan nilai-nilai yang baik agar dapat beradaptasi dan bersosialisasi dengan baik di dalam lingkungan tempat tinggalnya nya maupun di lingkungan lainnya seperti di lingkungan kerja, dilingkungan sekolah/akademis, dll.

14. Tempat pendidikan yang pertama dan terbaik bagi keluarga
pixabay

Rumah adalah tempat pendidikan pertama dan terbaik bagi seluruh anggota keluarga. dimana seorang belajar bagaimana belajar menjadi seorang suami bagi istrinya, ayah bagi anak-anaknya, istri bagi suami, ibu bagi anak-anaknya, anak terhadap orang tuanya, seorang kakak bagi adik dan sebaliknya. yang mana pendidikan terbaik ini tidak akan anda dapatkan dimanapun selain di rumah, karena mengandung pendidikan yang dominan praktik daripada teoritis.
Dirumah juga tempat anggota keluarga menempa/melatih diri untuk menjadi yang terbaik dibidang yang diminatinya masing-masing. seorang anak yang jarang mengerjakan PR dan belajar dirumah selepas pulang sekolah akan mengalami ketertinggalan dibandingkan teman-teman nya yang rajin belajar dan mengerjakan PR dirumah. 

15. Tempat kembali pulang yang paling di tuju keluarga
Anak-anak begitu gembiranya ketika mendengar bel tanda pulang sekolah untuk bergegas pulang  menuju ke rumahnya,selepas habis jam kerja, ayah begitu semangatnya bergegas berangkat dari kantor atau tempat pekerjaannya untuk segera pulang menuju ke rumah tak perduli di jalanan hujan macet dan melelahkan, ibu pun bergegas pulang kerumah setelah barang belanjaan kebutuhan rumahtangga sudah berhasil di beli nya di pasar/supermarket.karena Rumah adalah tempat pulang yang paling di tuju oleh seluruh anggota keluarga. 

16. Tempat ide-ide dan gagasan tercipta
Seringkali seorang mendapatkan inspirasi, ide-ide dan gagasan nya di rumah, lalu ia salurkan/wujudkan inspirasi, ide-ide dan gagasan nya tersebut di lingkungan kerja, bisnis, akademisi, organisasi nya. kadangkala ide muncul begitu saja, dan bagi saya pribadi seringkali mendapatkan inspirasi, ide-ide dan gagasan saya di rumah seperti hal nya inspirasi dan ide untuk menulis artikel ini.

mungkin lebih sering pula seorang pengusaha mendapatkan ide bisnisnya di rumah, seorang pejabat mendapatkan ide-ide terobosan kebijakannya di rumah, seorang panglima perang mendapatkan inspirasi ide gagasan strategy perang nya di rumah, seorang seniman mendapatkan inspirasi untuk karya seninya dirumah, memang rumah tempat yang penuh inspiratif menurut saya pribadi.

17. Tempat yang paling dicintai keluarga
pixabay
"rumahku surgaku","rumahku istanaku" ,"baitijannati", "home sweet home" banyak lagi slogan kata yang mencerminkan bahwa rumah sebagai sebuah tempat yang sangat di cintai oleh para penghuninya yakni anggota keluarga
Motleycrue sebuah band beraliran Rock asal USA yang populer di tahun 90-an  bahkan membuat lagu yang berjudul "home sweet home" dan menjadi salah satu hitnya yang terlaris. ini membuktikan bahwa rumah memang umumnya sangat berarti dan di cintai oleh para penghuninya.apappun background setiap orang.




18. sebagai tempat paling privasi untuk berekpresi dan beraspirasi
Rumah adalah tempat yang paling privasi untuk berekpresi dan beraspirasi penghuninya. di dalam rumah anda bebas berpakaian sesuka anda walaupun keseharian profesi anda andalah seorang yang mengharuskan anda tampil rapih, necis,tapi di rumah itu suka-suka anda.
ilustrasi: pixabay

anda bisa bebas mengunkapkan pendapat anda ataupun bicara apapun yang anda suka di rumah anda sendiri asalkan penghuni rumah tidak merasa terganggu dan asalkan suara anda tidak terdengar dan mengusik tetangga anda. bahkan seorang yang pemalu di hadapan umum tidak akan terlalu pemalu jika berada di rumahnya sendiri karena rumah adalah tempat yang privasi. anda bisa menerima atau menolak siapapun  yang datang kerumah anda. karena itu hak anda.dan orang lainpun akan menghormatinya.karena hak milik setiap warga negara di lindungi oleh hukum dan perundang-undangan asalkan tidak mengganggu hak-hak orang lain.

19. Tempat berbagi suka dan duka dalam keluarga
Rumah adalah tempat sebagian besar waktu hidup kita habiskan sehingga banyak peristiwa-peristiwa suka dan duka yang dialami dan dirumah adalah tempat berbagi perasaan suka maupun duka dengan sesama anggota keluarga penghuni rumah. dijaman media sosial yang  sangat trend dan gencar sekarang ini seringkali dipakai orang-orang untuk "memamerkan" kebahagiaan, rasa suka, maupun rasa duka yang sedang dialami. memang telah terjadi pergeseran nilai budaya masyarakat yang cukup signifikan dengan era internet dan media sosial sekarang ini hal itu sah-sah saja dan manusiawi.
pixabay

Namun yang terkadang seringkali melampaui batas dan bahkan juga cukup mengganggu bagi orang lain yang kurang suka melihatnya. karena sejatinyanya tempat terbaik untuk berbagi suka dan duka pribadi kita adalah di rumah, dan dengan sesama anggota keluarga sebagai sahabat kita yang paling mengerti diri siapa kita sebagaimana kita paling mengerti siapa anggota keluarga kita yang lainnya.bukan dengan curhat atau mengumbar kesenangan dan kesedihan pribadi di medsos.hanya untuk LIke?.


20. Tempat berreproduksi/berketurunan
Manusia juga memiliki kebutuhan sexsual dan kebutuhan biologis  untuk berketurunan.maka sebagai mahluk yang memiliki akal dan pikiran, maka manusia akan melaksanakan kebutuhan tersebut pada suatu tempat yang memang memenuhi syarat dan bersifat manusiawiah, yakni di dalam ruangan Rumah. tidak seperti hewan yang bebas melakukannya dimana saja(dan dengan siapa saja).
ilustrasi:pixabay

21. Tempat Lembaga sosial terkecil.
Rumah adalah tempatnya bagi sebuah keluarga yang merupakan lembaga sosial terkecil. sebagaimana wilayah negara adalah tempatnya bagi sebuah Negara yang merupakan lembaga sosial terbesar. ini adalah mengenai Ruang, ruang yang harus tersedia bagi suatu lembaga/unit mahluk sosial yakni manusia. 

22. Tempat sebagian besar memory kenangan keluarga tercipta dan tersimpan
Rumah menyimpan sebagian besar memory sejarah kehidupan keluarga akan terukir didalam rumah. memory bagaimana ayah dan ibu mengalami proses hubungan sebagai suami dan istri, sebagai ayah, sebagai ibu, sebagai anak, dan rumah menyimpan sebagian besar memory didalam keluarga, kisah tentang tawa, tangis, bahagia, kisah tentang kelahiran, bahkan kematian anggota keluarga.
ilustrasi: pixabay

23. Sebagai warisan bagi keturunan.
Sebuah rumah Karena hampir seluruh kontentnya/ materialnya merupakan bahan-bahan yang bersifat padat dan tetap serta tidak mudah menyusut, maka rumah juga merupakan salah satu harta kekayaan anda yang tidak cepat habis, bahkan dapat di gunakan untuk waktu yang relatif lama dan dapat di wariskan kembali kepada anak keturunan anda, juga nilai investasinya yang selalu meningkat dari tahun ke tahun.

24. Rumah adalah bagian dari kebutuhan primer/utama.
Seperti yang sudah kita ketahui sejak sekolah di bangku sekolah dasar bahwa rumah adalah termasuk kedalam kebutuhan primer atau kebutuhan utama/pokok yakni termasuk golongan kebutuhan papan(tempat tinggal) disamping kebutuhan sandang(pakaian) dan pangan(makanan-minuman) jadi mengabaikan kebutuhan ini sama halnya pengabaian terhadap kebutuhan kita yang utama/pokok dan itu akan menyebabkan kita kurang manusiawi. karena pada fitrahnya manusia memang membutuhkan tempat tinggal(rumah) sejak lahir hingga akhir usia.

25. Rumah adalah Tempat Usaha

Mahalnya harga jual dan harga sewa harga tempat untuk usaha ataupun untuk berdagang apalagi di lokasi-lokasi yang strategis, telah membuat sebagian kalangan wirausaha baik UKM maupun usaha yang lebih besar memberdayakan rumah-rumah mereka disamping berfungsi sebagai tempat tinggal juga di fungsikan sebagai tempat usaha. dalam tingkat UKM contohnya penjual sarapan pagi seperti nasi uduk, gorengan, lontong sayur, bubur ayam , penjual makanan jajanan seperti Bakso,soto,  siomay, ketoprak, pecel, atau penjual masakan matang seperti warung nasi warung padang, warung sembako, dsb. berjualan di rumah mereka, disamping faktor  kemudahan dalam berjualan, juga karena dekat dengan konsumen /pembeli yakni mayoritas pembelinya adalah warga yang tinggal dilingkungan sekitar tempat tinggalnya tersebut.

26. Tempat beribadah/berdoa

ilustrasi: pixabay

Selain sebagai tempat tinggal, Rumah juga digunakan oleh penghuninya sebagai tempat beribadah, menjalankan ritual agamanya masing-masing. bagi pemeluk agama Islam para wanitanya di utamakan melaksanakan ibadah sholat lima waktu didalam rumahnya. dan pemeluk agama kristen sehari-harinya juga melakukan doa di rumahnya. dan juga sering mengadakan acara ibadah bersama anggota jemaat gerejanya di rumah salah satu anggota jamaat nya. kita sering mempelajari/membaca kitab suci dirumah dan sadarkah bahwa setiap kita lebih sering berdoa di rumah tinggal disamping juga berdoa di rumah ibadah masing-masing?.





27. Rumah Tempat bermain
ilustrasi: pixabay

Rumah juga sebagai tempat bermain. Anak-anak sering bermain di rumah, kita juga sebagai orang tua sering menemani anak-anak bermain di rumah. karena pada dasarnya setiap orang  memiliki sifat kekanak-kanakan yang tidak bisa hilang walaupun usia telah berusia Dewasa. banyak jenis permainan yang bisa kita lakukan di rumah bersama keluarga. dan itu sangat mengasyikan bukan?.

kerena sedemikian pentingnya arti nilai strategis rumah bagi sebuah keluarga, maka sudah selayaknya kita memprioritaskan pemenuhan kebutuhan akan Rumah keluarga idaman anda dan mulai memikirkan konsep serta mempersiapkan segala sumber daya yang anda miliki untuk memiliki atau mewujudkan sebuah rumah idaman keluarga, yang mempresentasikan diri dan keluarga anda terhadap para sanak family dan handai taulan, tamu-tamu anda, para relasi, teman-teman anda,serta para tetangga sekitar lingkungan anda yang berkunjung ke rumah anda. “Rumahku, istanaku”, “Rumahku adalah Surga ku”, adalah beberapa kata-kata mutiara yang merefleksikan betapa pentingnya keberadaan sebuah Rumah bagi diri anda dan keluarga tercinta. Bersama kami: Empros kontraktor yang memahami arti penting sebuah rumah bagi keluarga anda.. marilah Wujudkan membangun Rumah idaman anda..!.
▚ Portofolio 



▚ Testimony 
  • Klien

    KLIEN & ADVISOR

  • Klien

    KLIEN

  • Klien

    KLIEN

  • Klien

    KLIEN

  • Klien

    KLIEN

▚ Contact Us 
If you see this website through an Android gadget or smart phone, you can click on our contact method button below to automatically contact us to get our fast Respond: