expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

penyebab dan Cara Efektif mencegah kebocoran pada bangunan rumah beratap genteng



fungsi utama rumah adalah sebagai tempat berteduh dan tempat tinggal yang aman dan nyaman yang seharusnya dapat melindungi para penghuninya dari lingkungan luar rumah, seperti dari cuaca panas dan hujan, dari terpaan angin, dari hewan-hewan berbahaya, pencuri dan bahkan juga virus. 

maka artikel kali ini akan membahas mengenai Cara Efektif mencegah kebocoran pada bangunan rumah beratap genteng.

pertimbangan utama penulis memposting artikel ini karena sebagaimana yang kita ketahui bahwa atap genteng masih sangat populer sebagai atap rumah/bangunan di negeri kita. dan sebagai salah satu bagian penting dari sebuah bangunan, atap khususnya atap genteng adalah bagian yang biasanya paling rentan terhadap kondisi lingkungan luar yakni hujan. 

macam-macam atap genteng berdasarkan bahan bakunya contohnya seperti:

1. genteng tanah liat
2. genteng keramik
3. genteng beton

urutan jenis atap-atap genteng diatas disusun berdasarkan tingkat kemampuannya menyerap panas.

namun di negara-negara tropis seperti negeri kita, yang dalam setahun mengenal 2 musim yakni musim hujan dan musim kemarau, maka mendapatkan curah hujan lebih sering di banding daerah sub tropis.

maka seringkali kebocoran atap genteng menjadi masalah yang sudah biasa. adapun penyebab terjadinya kebocoran pada atap genteng yang perlu anda ketahui antara lain biasanya karena:


1. Komposisi bahan, Pemilihan kualitas dan pemakaian bahan baku yang kurang tepat/salah
komposisi bahan baku yang kurang pas atau kurang tepat dapat menyebabkan genting menyerap air, dan bentuk genteng yang kurang presisi(genteng yang melenting atau bengkok) Kekurangtahuan pemilik rumah terhadap jenis-jenis bahan baku yang digunakan dalam pembuatan genteng dapat menyebabkan hal ini terjadi. karena umumnya konsumen lebih mengutamakan pertimbangan harga yang murah daripada kualitas dan ini manusiawi. tapi konsumen yang berpikiran jauh kedepan dan bijak tentu akan mengutamakan kualitas bahan bangunan khususnya genteng ini.

2. Human error: Kesalahan, ketidak fahaman atau juga kekurangtelitian tukang dalam memasang rangka atap dan juga atap gentengnya.
contoh kesalahan tukang yang cukup fatal misalnya Kesalahan membuat kemiringan rangka atap dan atap yang tidak sesuai aturan. Kemiringan rangka atap dan atap yang baik minimal 30 derajat. Bila kurang dari angka tersebut akan menyebabkan adanya kemungkinan udara hujan masuk melalui celah-celah pertemuan antar-genting saat hujan lebat yang disertai tiupan angin lalu pemasangan genteng yang kurang tepat/ kurang rapat dapat menyebabkan angin mendorong air dapat masuk melalui celah-celah genteng yang tidak rapat.

3. Derajat Kemiringan antara pertemuan sudut atap, baik jurai maupun talang yang landai. Jurai bagian miring / lekukan pada atap harus memiliki kemiringan tertentu yaitu 45 derajat. Kemiringan ini bisa untuk mempercepat jatuhnya udara hujan ke tanah agar tidak sempat merembes masuk ke rumah.

4. Kualitas Adukan pasir dan semen dan acian yang digunakan untuk pemasangan nok genting / wuwungan dalam keadaan tidak datar/rata. Hal inilah yang menyebabkan kebocoran dan rembes pada atap melalui sela-sela adukan.juga komposisi adukan dudukan dan sisi nok yang kurang tepat misalnya kurang semen dapat menyebabkan mudah retak rambut, dan mudah menyerap air.

5. teritisan atap kurang panjang: tetirisan yakni atap tambahan yang di buat terpisah atau merupakan kepanjangan dari atap utama atau atap di bagian atas bangunan kurang panjang sehingga hujan yang disertai angin adalah udara hujan masuk ke rumah atau yang biasa disebut tampias. Solusinya buatlah teritisan atap yang minimal minimal 1 meter agar udara hujan yang jatuh dari dinding atap tidak sempat "mampir" ke dalam rumah.

Cara efektif Mencegah Kebocoran Pada Atap genteng
Mengapa yang kami bahas adalah cara efektif mencegah kebocoran pada atap genteng? dan bukan cara efektif untuk mengatasi kebocoran pada atap genteng?  jawaban kami simpel saja: bila di ibaratkan jika kebocoron adalah penyakit maka bukankah lebih baik dan lebih mudah mencegah daripada mengobati penyakit? apabila mengobati, bisa saja akan tetapi tergantung parah tidaknya penyakit pasien, jika penyakitnya ringan maka cara dokter merawat  pasien dan mengobati penyakitnya lebih mudah namun jika penyakitnya sudah kronis dan kompleks bisa-bisa pasien harus di operasi sana-sini, begitu juga dengan mengatasi(mengobati) atap genteng yang bocor.
Jika kebocorannya sudah parah bahkan sudah membuat rangka atap jadi lapuk dan pelafon rumah hancur,  dinding jadi lembab, perabotan rumah tangga banyak yang rusak karena bocor atap maka tentu di perlukan renovasi dalam skala cukup masiv, yang bakal menyedot anggaran tidak sedikit dan mengganggu keberadaan tinggal penghuni yang menghuni di bawah atap rumah, jika atap, rangka atap dan plafon rumah terpaksa harus di bongkar dan di ganti total. maka jika anda berencana membangun rumah maka silahkan membaca dan cermati tips cara dari kami ini karena yang terbaik adalah mencegah kebocoran sedari awal tentulah lebih bijak dan cerdas daripada membangun tanpa perhitungan yang tanpa mengantisipasi kemungkinan-kemungkinan yang membuat anda menyesal di kemudian hari. 
untuk itu Berikut ini adalah tips dan cara cerdas yang perlu diperhatikan:
1. Memilih genting berkualitas . atap genteng yang berkualitas tidak mudah retak, anti air rembes ke bawah, dan bisa dipasang dengan sempurna tanpa ada celah. Sedangkan genting yang bermutu rendah dapat menimbulkan keretakan yang menjadi sumber kebocoran serta kurang presisi, banyak yang melenting atau juga banyak genteng tidak lurus rata bagian sisi-sisinya sehingga ngepas rapat ketika dipasang satu sama lain.

2. Membuat kemiringan atap atara 30 sampai 40 derajat. khususnya jika menggunakan genting tanah liat , genteng keramik dan genteng flat beton untuk mempercepat air terjun ke ujung atap terbawah dan mengalir ke tanah.

3. Menggunakan lembaran pelapis anti bocor sebelum pemasangan reng - komponen atap yang memiliki profil paling kecil dalam bentuk dan ukurannya dan berfungsi sebagai back cover dari atap, air hujan kemungkinan masih bisa masuk melalui celah atap yang sudah rapat karena dorongan angin yang sangat kencang maka kami rekomendasikan roof cover yang terbaik menurut pengalaman kami adalah dari bahan fiber flat sebagai alternatif terbaik sebagai roof cover anti bocor atau bisa pula menggunakan almunium foil ataupun seng flat sebagai alternatif lainnya.
fungsi roof cover ini sebagai tatakan dan penyalur air agar tidak tembus ke plafon rumah akan tetapi menyalurkan air ke ujung atap paling bawah atau setelah listplank sehingga plafon dan bagian dalam rumah anda aman dari bocor air hujan.

4. perhatikan betul ketinggian nok dan wuwungan agar jangan dipasang terlalu tinggi karena akan menimbulkan celah yang bisa dimasuki udara. Pengerjaannya harus cepat menggunakan bahan yang tidak mudah retak.disamping itu tembokan dan acian sisi bawah karpus harus menggunakan komposisi semen dan pasir yang terbaik, minimal 1 Pc : 3 ps dan kami sarankan menambahkan pula  pengeras beton, lem putih ataupun polimer agar adukan maupun acian tersebut memiliki kerekatan yang tinggi, lebih kedap air dan tidak mudah retak rambut, lalu kami sarankan juga melapisi acian sisi karpus yang sudah kering dengan pelapis aquaproofing hingga 3x.

5. Memilih bentuk atap yang paling aman bocor serta meminimalisir sambungan atap. Kebocoran dapat timbul dari sambungan, oleh karena itu tergantung pemakaian antara atap, seperti penggunaan karpusan / nok, jurai, atau model atap yang terlalu banyak rangkaian nok diagonal bukan horisontal juga bentuk atap bertumpuk lebih memungkinkan untuk bocor. maka kami rekomendasikan Atap dengan model pelana yang menurut pengalaman kami paling aman untuk mengurangi kemungkinan bocor.

6. Menambahkan perekat beton, lem putih, atau juga polimer sebagai campuran adukan semen dan pasir pada tembokan dan acian karpus,  ban-ban sisi atap, dinding sopi-sopi, dan dinding eksterior yang langsung berhadapan dengan panas dan hujan untuk mencegah potensi retak rambut pada bagian-bagian tersebut, dan melapisi acian yang telah kering dengan aquaproofing 3x guna menutup pori-pori atau pun lubang-lubang kecil pada acian bagian-bagian tersebut.

7. Jika diperlukan dapat memasang talang dengan tepat, yaitu memasang talang dengan maksud agar talang dapat mengarahkan udara hujan dari atap dan juga mengalirkan air atap ke talang tegak(pipa) tidak langsung ke tanah yang dapat menyebabkan dinding eksterior bagian bawah sering di hajar air cipratan dari tanah / lantai luar yang bisa membuat cat dinding cepat pudar dan dinding eksterior bagian bawah lama-kelamaan menjadi lembab dan menyerap air.

demikian penyebab dan Cara Efektif mencegah kebocoran pada bangunan rumah beratap genteng  ini kami sajikan. semoga bermanfaat untuk pembaca.salam..sukses selalu!!.
  • Klien

    KLIEN & ADVISOR

  • Klien

    KLIEN

  • Klien

    KLIEN

  • Klien

    KLIEN

  • Klien

    KLIEN

CV. Emasna Propertindo Sentosa (CV.EMPROS): Jl. Mekar Jaya No.14-15, Dampit Atas, Rt.01 Rw.07 Mekarjaya, Ciomas, Bogor, JawaBarat 16610
Call/ sms/ Whatsapp number : 0813 8911 3085     Office phone : 0251 863 9018     Email: admin@empros.co.id     Gmail: emprospost@gmail.com

 KLIK UNTUK FULL SCREEN
🙏ATTENTION🙏: Dikarenakan ada perubahan nama Jalan maka alamat nama jalan CV.EMPROS berubah dari semula 👉JL.Ciomas Harapan No.14 menjadi 👉Jl. Mekar Jaya No.14-15 Adapun Titik lokasi di Google Map sudah akurat dan tidak ada Perubahan, jika perlu panduan ke lokasi hubungi/whatsapp kami di no0 8 1 3  8 9 1 1  3 0 8 5 🙏Terimakasih atas perhatiannya🙏, salam sukses selalu..👍.