expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>
                                                                               

harga kolom praktis dan 5 tips dalam membangun rumah yang kokoh

Apa yang dimaksud kolom praktis dalam istilah bangunan? Kolom praktis adalah struktur kolom pada bangunan yang berfungsi untuk memperkaku dinding terhadap gaya lateral. Kolom praktis biasanya dipasang pada dinding dengan panjang 3 s/d 3,5 meter atau setara dengan luasan dinding 9 - 10,5 meter persegi (m2).

kolom praktis bangunan bisa menekan risiko hancurnya rumah akibat gempa Meski frekuensi gempa di Indonesia tidak sesering di Jepang, namun sebaiknya kita melakukan antisipasi sejak jauh-jauh hari seperti kata pepatah: "..sedia payung sebelum hujan.." Salah satunya membangun rumah yang tahan gempa. Apa saja yang perlu kita perhatikan saat membangun rumah? berikut ini tips dalam membangun rumah yang kokoh.


  1. Di awali dari pondasi, harus dipastikan lahannya punya tanah yang keras serta stabil. apabila tanah yang hendak di bangun adalah termasuk tanah yang lembek/tanah lumpur sebaiknya di padatkan dengan pengurugan puing agar tanah terikat padat. membuat gambar Pondasi hahrus di rencanakan sesuai dengan denah dinding rumah. dan perlu juga di ikat/ di hubungkan sloof pondasi antar dinding yang sejajar dengan pondasi sloof jika panjang dinding ruangan melebihi 4 meter  Sehingga pondasi bangunan solid dan tahan gempa. 
  2. mendisain denah rumah yang simpel, tetapi simetris. Perbandingan yang bisa terapkan adalah 2:1 (panjang : lebar). Pastikan dinding yang ada dalam denah dibuat dalam bentuk close box, sehingga akan saling terhubung atau mengikat. jika perlu membuat balok gantung sebagai kunci.untuk pondasi di samping sloof pengikat. 
  3. Sloof adalah balok yang dipakai untuk mengikat pondasi serta kolom praktis bangunan. Fungsinya adalah untuk menyebar bobot bangunan yang berada di atasnya lewat kolom. dalam pembuatannya harus memperhatikan jarak dan sloof wajib diatur tanpa terputus.
  4. Ring balok beton dan Balok beton gantung dan kolom praktis dengan bahan beton bertulang dapat menunjang kekuatan dari rumah yang sedang kita bangun. Sloof harus mengikat kolom-kolom praktis dengan baik melalui bantuan ring balk. Sama halnya seperti sloof, kolom praktis ini tidak boleh terputus di bagian manapun.
  5. setiap luas 12 m2, harus diberi rangka kolom atau balok praktis. Lantas, batu bata maupun bata ringan yang menyusun dinding di sekitar kosen harus terpasang dengan sistem rollag. kita harus memastikan kosen serta jendela harus menempel atau terikat kuat dengan dinding. untuk menghindari kemungkinan retak atau rubuh saat gempa /resiko dapat diminimalisir.


Berikut ini adalah Daftar Harga Kolom Praktis Terupdate

NoUkuran(Meter)Harga
1Kolom mm 6,4 (8sd) 8/12 O 6.35 x 3mRp. 40.000/3m
2Kolom mm 6,4 (8sd) 8/12 O 6.35 x4mRp. 53.000/4m
3Kolom mm 8 Full 8/15 O 6.20 x 3mRp. 60.000/3m
4Kolom mm 8 Full 8/15 O 6.20 x 4mRp. 80.000/4m
5Kolom mm 10 Full 8/15 O 6.20 x 3mRp. 90.000/3m
6Kolom mm 10 Full 8/15 O 6.20 x 4mRp. 120.000/4m

Catatan : Harga di setiap kota berbeda-beda dan Harga Sewaktu-waktu Dapat Berubah 
disamping lima poin di atas, kita juga perlu memperhatikan kualitas dan harga bahan bangunan. Untuk menghemat pengeluaran, pilihlah kolom praktis bangunan dengan harga murah, tetapi punya mutu yang tinggi, sebaiknya kita memilih kolom praktis dengan bahan besi berstandar SNI.
▚ Portofolio 



▚ Testimony 
  • Klien

    KLIEN & ADVISOR

  • Klien

    KLIEN

  • Klien

    KLIEN

  • Klien

    KLIEN

  • Klien

    KLIEN

▚ Contact Us 
If you see this website through an Android gadget or smart phone, you can click on our contact method button below to automatically contact us to get our fast Respond: