expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

pengertian stress, penyakit yang disebabkan stress,cara mengatasi stress

Pernahkah anda merasakan diri anda begitu tertekan, pikiran begitu kusut, emosi impulsif sering tak terkendali, bad mood, perasaan kesal tak menentu, badan terasa lemas, mudah letih, susah tidur, punggung tegang, kurang nafsu makan? itu gejala-gejala bahwa anda sedang mengalami : 
Stress adalah bentuk ketegangan dari fisik, psikis, emosi maupun mental. Bentuk ketegangan ini mempengaruhi kinerja keseharian seseorang. Bahkan stress dapat membuat produktivitas menurun, rasa sakit dan gangguan-gangguan mental.

stress adalah ketidaksesuaian antara situasi yang diinginkan dimana terdapat kesenjangan antara tuntutan lingkungan dan kemampuan individu untuk memenuhinya yang dinilai potensial membahayakan, mengancam, mengganggu dan tidak terkendali atau melebihi kemampuan individu untuk melakukan coping. Jadi, stress adalah suatu keadaan yang bersifat internal, yang bisa disebabkan oleh tuntutan fisik (badan), atau lingkungan, dan situasi sosial, yang berpotensi merusak dan tidak terkontrol.

Jelas Stress harus dihindari, karena stress dapat menimbulkan penyakit-penyakit, diantaranya:
Sakit Kepala sebelah (migrain)
✅ Kram, leher kaku, nyeri punggung
✅ Sakit jantung
✅ Tekanan darah tinggi
✅ stoke
kanker
✅ insomia
✅ Asam lambung
✅ kesalahan sistem imun tubuh
Obesitas

Stress dapat menghinggapi siapapun dari segala usia: orang lanjut usia, orang dewasa, remaja, bahkan anak-anak, bahkan balita.
dari segala status dan profesi: pejabat pemerintahan, aparat negara, pengusaha, kalangan pekerja, kalangan profesional seperti: kontraktor, arsitek, dokter, tentara, polisi, atlit, artis, teknisi, dll. Jadi siapapun anda, sebaiknya menghindari terkena stress. lakukan tips berikut ini:

✅ Tenangkan diri untuk mulai merenung mencari cara mengatasi stress: anda harus menyendiri sejenak di tempat yang memiliki suasana kondusif , suasana yang tenang, yang memudahkan anda memperoleh inspirasi, sangat baik jika dilakukan setelah melaksanakan peribadatan/ritual agama anda. karena ketenangan jiwa biasanya muncul setelah anda beribadah dan berdoa kepada Tuhan yang memiliki diri kita. pilihlah waktu terbaik untuk merenung ialah di malam hari dari tengah malam hingga menjelang fajar. melakukan ritual agama, membaca kitab anda dan bathin anda berusaha berkomunikasi dengan sang Maha pencipta, akan menciptakan ketenangan bathin yang dapat menekan stress anda, Berdoa memohon pertolongan kepada Tuhan adalah senjata yang ampuh untuk memberikan cahaya dan ruang atmosfir sejuk di hati anda.

✅ Kenali penyebab stress: bidik dengan jelas di pikiran anda apa yang menyebabkan anda mengalami stress, apakah masalah ekonomi/keuangan, masalah pekerjaan, atau masalah susah mencari pekerjaan, masalah rumah tangga, masalah hubungan asmara, masalah hubungan dengan orang lain, dan sebagainya.tentukan yang merupakan masalah kunci yang menyebabkan stress, jadikan itu sasaran utama yang harus di tangani dengan tuntas dan baik, bukan lebih dulu menangani masalah-masalah turunannya. jika anda hendak menangkap ular berbisa yang hendak menyerang anda, maka kuncinya adalah di kepalanya, berusahalah dengan cerdik dan tangkas untuk menangkap kepala ular, dengan demikian tubuh ular tidak lagi membahayakan anda. meyakini bahwa semua masalah akan tuntas dan menjadi indah pada akhirnya jika kita menyandarkan diri kita kepada Tuhan. anda percaya atau tidak mengenai saran ini, terserah anda, namun inilah kuncinya.

✅ Jangan menggunakan hal-hal yang tidak sehat untuk mengatasi stress: banyak orang menangani dengan caranya sendiri untuk mengatasi stress yang di deritanya misalnya: menggunakan obat anti depresi secara berlebihan(tidak sesuai petunjuk dokter), menggunakan narkoba, banyak mengkonsumsi minuman keras, merokok berlebihan, makan berlebihan, free sex, tidur berlebihan, menarik diri dari dari keluarga, teman-teman, dan hubungan sosial. sebaiknya hindari cara-cara seperti ini karena hanya menangulangi stress sementara waktu, namun bisa menyebabkan kerusakan dalam jangka panjang.

✅ Lakukan Aktifitas fisik: berolahraga ringan secara rutin minimal 30 menit s/d 1 jam per hari, sambil menghirup udara pagi dan menikmati hangatnya sinar mentari pagi, rasakan dikulit anda, melakukan kegiatan rekreasi dan hoby yang anda sukai, seperti bernyanyi, menari, bersepeda, memanjat gunung, berenang, berjalan-jalan dengan keluarga tercinta, beraktivitas dan berinteraksi dengan hewan peliharaan, masih banyak lagi yang sesuai dengan anda, intinya mengalihkan sebagian besar waktu dan perhatian dari stress yang anda derita dan nikmati efek positif dari aktivitas fisik itu yang membantu anda lebih relax dan lebih kuat.

✅ berhubungan dengan dunia luar: Lakukan interaksi sosial dengan teman-teman yang baik, mencari teman-teman baru yang baik, untuk saling sharing/curhat juga membantu mengeluarkan energi negatif yang membebani jiwa anda, siapa tahu ada jalan dan solusi tepat mengatasi masalah anda.yang tidak disangka datang dari teman yang tulus ingin membantu masalah anda.tapi ingat dalam bergaul dan berhubungan jangan anda berniat untuk membebani anda dengan masalah anda.

✅ Kendalikan situasi dari memicu stress: hindari orang-orang yang membuat anda bertambah stress, maafkan orang-orang yang menyakiti anda, kendalikan lingkungan anda agar tidak menambah akumulasi stress anda, rapihkan dan bersihkan rumah anda yang kotor dan berantakan, kecilkan suara yang mengganggu dari televisi, hindari menonton acara-acara yang membuat anda stress, hindari keributan baik di rumah maupun di luar rumah, ubah semua situasi yang tidak menguntungkan yang akan memperburuk stress.

✅ LIhat Lagi apa yang sudah di miliki dan bersyukurlah: banyak orang stress karena kehilangan sesuatu, kehilangan pekerjaan, kehilangan jabatan, kehilangan orang yang di cintai, kehilangan harta, perhatian, kehilangan popularitas, kehilangan dukungan, kehilangan teman-teman, dan sibuk menghabiskan waktu untuk menyesalinya.ini adalah sikap yang harus segera di tinggalkan, anda harus move on dari perasaan kehilangan itu. lihatlah lagi di sekitar kita,oh... ternyata anda masih memiliki sebagian besar yang lebih sangat berarti daripada yang hilang dari anda. anda masih memiliki keluarga yang mencintai dan mendukung anda, anda masih memiliki, saudara-saudara yang masih mendukung anda, teman-teman baik yang mau mengerti keadaan anda dan masih mau berbagi dengan anda, anda masih memiliki hidup, ya... anda masih hidup dan semua yang masih anda miliki, jangan sampai kehilangan itu semua, syukurilah, dan hidup anda harus terus berlanjut.

✅ Jangan terlalu terobsesi mengejar target/keinginan anda: semakin anda terobsesi semakin anda akan lebih stress jika target dan keinginan anda itu tidak tercapai/gagal, anda harus tahu kapan saatnya anda berlari mengejar, dan kapan saatnya anda untuk berhenti, jika memaksakan diri terus mengejar yang tidak atau belum saatnya tercapai maka anda akan terjatuh, tersungkur, dan itu pasti sakit sekali rasanya, maka lebih baik berhenti dan beristirahat sejenak, berintropeksi diri apa kekurangan anda, perbaiki kekurangan itu,dan jangan disesali kegagalan anda. ingatlah mungkin belum saatnya untuk anda, atau mungkin target yang anda kejar itu belum yang terbaik bagi anda, atau mungkin ada kesempatan lain yang lebih baik di kala diri anda telah lebih siap.kemungkinan-kemungkinan tersebut harus segera anda sadari dan anda yakini.

✅ Jadilah manusia baru yang lebih baik: cobalah intropeksi diri anda flash back ke kehidupan anda yang lalu apa-apa saja yang telah anda lakukan, dan kini, mengapa stress mudah menghinggapi anda, ketahuilah bahwa stress hanya akan mudah menyerang orang-orang yang tidak mempunyai fundament yang kokoh, orang yang hanya memiliki tujuan semu, malah hanya mengejar tujuan yang sifatnya hanya sesaat. bukan tujuan hakiki yang benar. setiap orang di lahirkan ke muka bumi untuk menjadi orang yang baik, yang memiliki niat yang baik, yang memiliki tujuan yang benar, dan mencapai tujuannya tersebut dengan cara-cara yang benar. ketika anda telah memiliki fundamen yang kokoh, berbuat baik, memiliki tujuan yang baik, dan melakukan cara yang baik dalam mencapai tujuan anda serta menghindari semua keburukan, maka anda akan menjadi orang yang sangat kebal terhadap stress. 
orang yang baik ialah orang yang menyadari bahwa ia tak akan hidup di dunia selamanya, jika anda seorang yang ber agama dan mempercayai kehidupan alam akhirat, mempercayai adanya surga dan neraka, setelah kehidupan di alam dunia, maka anda seharusnya menjalankan hidup yang sementara di dunia ini berperan menjadi orang yang baik, bahkan jika anda seorang atheispun, anda yang tidak mempercayai kehidupan akhirat setelah anda mati, maka ingatlah pribahasa "...gajah mati meninggalkan gading, harimau mati meninggalkan belang, dan manusia mati meninggalkan nama baik.."  dan nama baik itu hanya bisa di capai jika selama kita hidup kita berperan menjadi orang baik, yang bermanfaat untuk orang lain, maka ketika anda tiada lagi di dunia, anda akan di kenang oleh keluarga, dan orang-orang yang mengenal anda, sebagai orang yang baik. itulah tujuan hidup manusia yang sebenarnya yang membedakannya dari hewan yang sama-sama hidup di dunia. maka jadilah manusia baru yang lebih baik dan bermanfaat bagi orang lain, bagi flora dan fauna dan alam ini.

Demikian artkel mengenai pengertian stress, penyakit yang disebabkan stress,cara mengatasi stress.semoga bermanfaat. (Egi Masna) 



  • Klien

    KLIEN & ADVISOR

  • Klien

    KLIEN

  • Klien

    KLIEN

  • Klien

    KLIEN

  • Klien

    KLIEN

CV. Emasna Propertindo Sentosa (CV.EMPROS): Jl. Mekar Jaya No.14-15, Dampit Atas, Rt.01 Rw.07 Mekarjaya, Ciomas, Bogor, JawaBarat 16610
Call/ sms/ Whatsapp number : 0813 8911 3085     Office phone : 0251 863 9018     Email: admin@empros.co.id     Gmail: emprospost@gmail.com

 KLIK UNTUK FULL SCREEN
🙏ATTENTION🙏: Dikarenakan ada perubahan nama Jalan maka alamat nama jalan CV.EMPROS berubah dari semula 👉JL.Ciomas Harapan No.14 menjadi 👉Jl. Mekar Jaya No.14-15 Adapun Titik lokasi di Google Map sudah akurat dan tidak ada Perubahan, jika perlu panduan ke lokasi hubungi/whatsapp kami di no0 8 1 3  8 9 1 1  3 0 8 5 🙏Terimakasih atas perhatiannya🙏, salam sukses selalu..👍.